Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Stelelah sebelumnya saya memberikan artikel
tentang contoh proposal rencana bisnis dalam kesempatan kali ini saya ingin menulis tentang Beberapa cara mendapatkan modal usaha yang dapat Anda tempuh demi kesuksesan usaha yang sedang Anda rintis, yaitu dari pinjaman bank, investor dan kartu kredit. Penduduk Indonesia adalah masyarakat yang mempunyai kreativitas yang tinggi. Banyak penduduk Indonesia yang melihat adanya peluang besar untuk memperoleh keuntungan dari berbisnis. Sudah banyak karyawan kantoran yang beralih profesi menjadi seorang wiraswasta yang menjual produk-produk untuk masyarakat di Indonesia ataupun diekspor ke luar negeri. Realita semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang berwirausaha sendiri, membuat tingkat perekonomian Indonesia pun jadi  semakin meningkat. Namun, kendala utama yang kerap kali dihadapi oleh seorang pebisnis di Indonesia adalah soal keterbatasan modal. Telah banyak bisnis-bisnis yang sebenarnya potensial terpaksa gulung tikar karena kehabisan modal. Oleh karena itulah, untuk membantu penduduk Indonesia yang berkeinginan untuk membuka usahanya sendiri, maka dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa cara mendapatkan modal usaha.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

1.    Pinjaman Bank
Pilihan yang utama untuk mencari modal usaha Anda tentu saja adalah dengan meminjam dana tersebut dari bank. Umumnya pihak bank akan meminta sebuah jaminan supaya konsumen dapat memperoleh pinjaman, namun saat ini telah banyak juga bank yang bisa memberikan pinjaman tanpa adanya jaminan, ini biasa disebut dengan istilah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

2.    Pinjaman Non Bank
Untuk memperoleh pinjaman non bank umumnya konsumen bisa mengajukan ke sebuah perusahaan pembiayaan, koperasi maupun Bank Perkreditan Rakyat dengan menjaminkan surat mobil atau kendaraan motor.

3.    Investor Perorangan/Kelompok
Bila Anda berniat membuka usaha namun modalnya belum mencukupi, dan tak berani untuk meminjam dana ke bank, maka cara yang ketiga ini mungkin cocok untuk Anda. Bila modal Anda masih terlalu sedikit untuk membuka sebuah usaha, mungkin Anda dapat mengajak orang-orang lain yang mempunyai dana berlebih untuk menginvestasikan uangnya pada usaha Anda. Biasanya diistilahkan bahwa mereka merupakan para pemegang saham dari usaha Anda itu.

4.    Kartu Kredit
Kartu kredit juga dapat dijadikan alternatif untuk memperoleh modal usaha. Akan tetapi, tentu saja dana yang diperoleh juga tidak begitu banyak, disesuaikan dengan limit dari kartu kredit Anda. Maka kartu kredit cocok untuk tipe usaha yang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Namun  kartu kredit juga bisa sangat berguna bila Anda memerlukan dana yang mendesak, karena Anda tidak perlu repot-repot mengajukan pinjaman dana ke bank, tinggal melakukan gesek tunai melalui ATM saja.

Itulah beberapa cara mendapatkan modal usaha yang dapat Anda tempuh demi kesuksesan usaha yang sedang Anda rintis. mengenai tips dan trik nya setiap poin diatas saya akan bahas satu persatu pada artikel yang akan datang pada kategori yang sama, maka dari itu jangan bosan-bosan untuk selalu berkunjung ke blog ini, sekian dan salam.

* sumber gambar: freeimages.com owner blary54
* harus mencantumkan link sumber artikel jika ingin mengambil artikel pada blog ini

0 Response to Cara Mendapatkan Modal Usaha

Posting Komentar