Peluang Usaha Buah Naga

Peluang Usaha Buah Naga
Photo source: Flickr By Rob Bertholf License Creative Commons

Peluang usaha buah naga menjadi alternatif usaha baru bagi anda yang sedang mencari alternatif usaha, bukan hanya budidaya, namun juga olahan buah naga, Jika ditanya 15 tahun yang lalu, banyak orang yang mungkin tidak tahu apa itu buah naga (Hylocereys polyrhizus). Namun saat ini, siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang memiliki sisik seperti naga ini. Buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Wilayah Amerika Tengah sudah bisa ditemukan di berbagai wilayah di tanah air. Bersamaan dengan itu, berbagai peluang usaha buah naga pun mulai dilirik.

Manfaat dan Peluang Usaha Buah Naga di Indonesia

Meski masih tergolong pendatang baru di sektor pertanian di tanah air, aneka manfaatnya untuk kesehatan membuat buah ini semakin populer. Beberapa manfaat buah naga antara lain adalah memelihara kesehatan gigi dan tuang, mencegah diabetes mellitus, mencegah penuaan dini, mencegah penyakit kanker, menurunkan resiko penyakit jantung dengan menetralisir kolesterol jahat, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk kecantikan, buah naga juga bermanfaat menghaluskan kulit wajah. Tidak heran jika buah ini dimanfaatkan dalam tradisi kecantikan masyarakat China di masa lalu. Ini semua berkat kandungan nutrisi, seperti protein, kalsium, serat, zat besi, karotin, dan aneka vitamin, seperti vitamin B1, B2, B3, dan Vitamin C yang ada di dalamnya.

Peluang usaha buah naga yang pertama adalah budidaya. Buah ini bisa hidup di mana saja sepanjang menerima cahaya matahari langsung. Karena tahan banting dan tidak rewel, resiko kerugiannya sangat rendah. Selain itu, cara konsumsinya sangat mudah, sehingga tidak memerlukan penanganan khusus.

Peluang usaha buah naga berikutnya adalah bisnis produk olahan buah naga, mulai dari usaha jus buah naga, usaha pengemasan buah naga, hingga usaha kuliner berbasis buah naga. Bahkan belakangan ini, ada usaha pembuatan kue yang memanfaatkan buah naga. Warna merah alami yang dihasilkannya menjadi daya tarik yang tidak akan dilewatkan begitu saja.

Analisis Peluang Usaha Buah Naga

Nah, bagaimana analisis usahanya? Buah naga rata-rata berbuah setelah berumur 1 tahun. Satu pohon bisa menghasilkan 8 hingga 30 buah dalam sekali berbuah. Nah, bayangkan saja jika satu buah naga memiliki berat rata-rata 400 gram hingga 600 gram, 1 pohon saja bisa menghasilkan hingga 5 kilogram. Lebih menarik lagi, harga jual buah naga relatif lebih mahal dibanding buah-buahan lainnya. Dengan kisaran harga Rp. 15.000 hingga Rp. 40.000 per kilogram, maka satu pohon saja bisa menghasilkan hingga Rp. 200.000 dalam sekali berbuah.

Memang, untuk mendapatkan buah super yang berukuran besar diperlukan perawatan yang telaten. Meski belum ada hama yang diketahui bisa membunuh tanaman ini, anda tentu harus merawatnya dengan baik. Secara keseluruhan, peluang usaha buah naga pantas anda pertimbangkan. saya juga akan membahas mengenai step by step bagaimana caranya memulai dan menjalankan budidaya buah naga ini maka dari itu jangan pernah bosan untuk selalu mengunjungi blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainya seputar wirausaha dan bisnis untuk kesuksesan kita dimasa mendatang, silahkan membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul peluang usaha rental mobil untuk referensi usaha yang akan anda jalankan. sekian terima kasih.
Note: Mengambil isi artikel dalam blog ini harus dengan seizin penulis

0 Response to Peluang Usaha Buah Naga

Posting Komentar