Peluang Usaha Rental Mobil

Peluang Usaha Rental Mobil
Photo License Creative Commons By Louis Rix

Dapat dilihat bahwa kebutuhan masyarakat akan kendaraan pribadi roda 4 semakin meningkat. Akan tetapi tetap saja masih banyak orang yang tidak mampu membeli kendaraan pribadi mereka. Cara yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan kendaraan roda 4 namun tidak harus membeli kendaraan sendiri adalah dengan menyewa mobil. Peluang usaha rental mobil bagi pebisnis juga semakin besar saat ini. Orang hanya butuh untuk menetapkan anggaran dan sebuah sistem bisnis yang tepat. Disinilah akan dibutuhkan banyak pertimbangan terlebih dahulu sebelum memulai sebuah bisnis. Penghasilan yang biasanya diperoleh dari bisnis rental mobil dihitung dari durasi pinjaman. Peminjam juga bertanggung jawab atas kondisi dan BBM kendaraan yang disewa.

Tips Peluang Usaha Rental Mobil
Ada banyak tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari Peluang usaha rental mobil yang ditekuni. Yang pertama adalah perlunya untuk menyewa lokasi strategis guna memulai bisnis tersebut. Semakin strategis sebuah tempat untuk menjalankan bisnis rental mobil, maka popularitas bisnis tersebut akan semakin bagus juga. Kedua, pebisnis rental mobil harus benar-benar paham selera dari semua konsumen mengenai kendaraan. Selera konsmen amatlah berbeda satu dengan lainnya. Kendaraan yang terbaik untuk disewakan adalah yang paling populer dan dicari oleh masyarakat sekitar. Memilih kendaraan yang memiliki biaya operasional kecil juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran bisnis. Perlu diperhatikan juga aspek keuangan dari bisnis tersebut.

Analisa Keuangan Peluang Usaha Rental Mobil

Modal Awal Bisnis Sewa Mobil
  • Pembelian mobil second Rp 121.000.000,-
  • Biaya balik nama mobil Rp 5.000.000,-
  • Biaya pajak mobil untuk 1 tahun Rp 1.650.000,-
  • Biaya asuransi all risk untuk 1 tahun  Rp 1.500.000,-
  • Biaya perawatan mobil (Per-2 bln 250.000,x 1tahun) Rp 1.500.000,-
  • Biayatakterdugauntuk 1 tahun Rp 1.000.000,
  • Biaya ATK untuk 1 tahun  Rp 500.000,-
Total modal yang dibutuhkan untuk 1 tahun  Pertama adalah sebesar Rp 132.150.000,-

Proyeksi Keuntungan
Jika mengambil rata-rata dari banyak pendapatan yang diperoleh dari bisnis sewa mobil dalam 1 bulan, rata-rata dapat diperoleh hasil sewa selama 12 hari. Dengan asumsi dan rata-rata tersebut, keuntungan penghasilan dalam sebulan yang bisa diperoleh adalah:

12 x Rp. 250.000 = Rp 3.000.000
Dalam setahun bisa memperoleh rata rata sebesar Rp. 36.000.000

Resiko yang menyertai bisnis dan Peluang usaha rental mobil tersebut juga tergolong besar karena terkadang penyewa mobil melarikan dan menipu pebisnis. Jika sudah demikian, kerugian bisa sangat besar sehingga asuransi mobil harus disertakan jika ingin terhindar dari masalah penipuan yang sudah marak pada masyarakat modern tersebut. khusus untuk msalah penipuan ini anda bisa belajar dari pengalaman pebisnis lain yang sudah terjun lebih dulu dalam bisnis ini, karena resiko terbesar pebisnis rental mobil terletak pada kehilangan mobil yang disewakan, tips dari saya pribadi adalah jangan pernah menyewakan mobil tanpa driver jika anda masih baru dalam bisnis ini, dan apabila anda mencari driver untuk bisnis anda maka silahkan sebisa mungkin mencari driver yang sudah anda kenal sebelumnya, bisa dari tetangga atau saudara anda sendiri sehingga dengan cara ini diharapkan dapat meminimalisir resiko anda sebagai pemula dalam bisnis rentap mobil. sekian. silahkan membaca artikel saya sebelumnya tentang peluang bisnis cuci motor

Note: Dilarang mengambil dan menyebarluaskan dan mengedit isi artikel pada blog ini tanpa seizin penulis

0 Response to Peluang Usaha Rental Mobil

Posting Komentar