Pengertian waralaba

Pengertian waralaba
Photo License Creative Commons By Walter Lim

Pengertian Waralaba yaitu hak khusus yang dipunyai oleh perorangan atau suatu badan usaha terhadap sistem dengan ciri khas usaha tertentu dalam rangka untuk memasarkan barang ataupun jasa yang telah terbukti berhasil dan bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh pihak lain dengan perjanjian waralaba.

Pengertian Waralaba Dan Contoh Perusahaan Waralaba
Pengertian garis besar, waralaba bisa didefinisikan sebagai pengaturan usaha oleh para pemilik perusahaan atau franchisor dengan cara menjual atau memberikan hak kepada pihak penerima waralaba atau disebut franchisee untuk menjual produk dengan merek dagang dan ataupun jasa pemberi waralaba itu dengan kriteria, prosedur, tata cara dan yang sudah disepakati bersama di dalam kontrak kerja yang sudah disetujui oleh masing-masing kedua belah pihak.

Beberapa contoh perusahaan waralaba adalah sebagai berikut :

·    Waralaba makanan
Waralaba makanan selalu diprediksi akan memperoleh perkembangan yang amat pesat di tiap tahunnya, bahkan bisa menguasai pasar di Indonesia. Ini karena melihat begitubanyaknya permintaan untuk pemenuhan kebutuhan akan barang-barang instan khususnya makanan. Kondisi ini akan menunjukkan bahwa waralaba di bidang bisnis kuliner akan jadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Contoh-contoh makanan waralaba yang telah berkembang di Indonesia antara lain :
1.    KFC
2.    CFC
3.    Mc Donald
4.    Pizza Hut
5.    Papa Rons Pizza
Dan lain sebagainya

·    Waralaba Indomaret
Waralaba Indomaret sekarang ini sudah menjadi ritel minimarket untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari. Usaha bisnis di bidang minimarket yang telah dimulai sejak tahun 1998 ini sekarang mempunyai sebanyak 10.400 buah outlet yang tersebar semua penjuru Indonesia. Bisa kita lihat sendiri bahwa di kota-kota besar maupun kecil telah berdiri toko Indomaret yang bertempat di dekat lokasi pemukiman warga, ataupun berlokasi di tempat strategis seperti di pusat keramaian umum.

·    Waralaba Pendidikan Anak
Waralaba pendidikan anak telah banyak didirikan di lingkungan masyarakat Indonesia. Ini dikarenakan berkaitan dengan kebutuhan masyarakat akan adanya pendidikan anak bahkan sejak usia dini yang sangat besar. Mendapati adanya pangsa pasar yang cukup besar, didukung oleh pertambahan keluarga baru yang begitu tinggi dan pertumbuhan kelas menengah yang cukup pesat, membuat daya tarik bagi para investor untuk berlomba-lomba membangun waralaba pendidikan anak. Salah satunya adalah waralaba pendidikan anak Tumble Toots.

Apabila anda ingin memulai usaha dengan sistem waralaba maka tentunya harus merogoh modal lebih untuk sistem waralaba akan tetapi anda tidak perlu bersusah payah dalam membuat sistem perusahaan karena perusahaan waralaba pusat telah menyediakan ini untuk anda dan dari segi periklanan juga tidak akan berat dalam membangun brand bisnis karena juga telah disediakan untuk anda dari waralaba pusat. silahkan membaca artikel saya sebelumnya mengenari cara mendapatkan modal usaha saya menjelaskan berbagai cara mendapatkan modal untuk anda pada artikel itu, Demikianlah penjelasan mengenai pengertian waralaba dan beberapa contoh perusahaan waralaba yang telah sukses berjalan di Indonesia. 

1 Response to Pengertian waralaba

  1. Terima kasih artikelnya. Sangat bermanfaat.
    salam kenal dari waralaba murah pasti untung
    tahuqkrispy.com

    BalasHapus