Cara membuat SOP (standart operating procedure) yang benar

Cara membuat SOP

SOP merupakan elemen penting dalam sebuah perusahaan karena SOP inilah yang menjadi penggerak atas
kinerja seluruh  anggota perusahaan anda namun Pada kenyataannya, standard operating procedur yang dibuat oleh kebanyakan perusahaan saat ini khususnya perusahaan kecil  tidak semuanya memiliki kualitas untuk dijadikan sebagai sebuah standard. Tidak sedikit juga SOP yang hanya berakhir sebagai hiasan karena pada prakteknya tidak bisa diimplementasikan sebagai fungsi yang benar. Lalu bagaimana Cara membuat SOP (standart operating procedure) yang benar yang bisa digunakan untuk membuat SOP yang berkualitas? Pertanyaan inilah yang sering ditanyakan bagi mereka para pengusaha yang belum punya pengalaman sama sekali dalam membuat SOP pada perusahaan mereka.

Baca Juga : 7 Tips Atur Keuangan Bagi Pengantin Baru

Berikut ini saya merumuskan tentang tahapan bagaimana cara membuat SOP atau standart operating procedure yang benar

1.    Membuat team khusus SOP
2.    Menentukan siapa pengguna SOP yang akan dirumuskan oleh team anda
3.    Menentukan waktu setiap kegiatan yang tercantum dalam SOP
4.    Menentukan tempat dimana suatu kegiatan dalam SOP itu dilakukan
5.    Sebutkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan
6.    Melakukan brainstorming dengan team anda
7.    Mensimulasikan isi dari pada SOP anda
8.    Sosialisasikan kepada seluruh pelaksana SOP anda
9.    Implementasikan SOP anda
10.    Amati implementasi dari pada prosedur anda dan perbaiki jika ada kekurangan.

Membuat SOP yang baik setidaknya terdapat tahapan yang tercantum pada 10 poin diatas walaupun begitu anda bisa menambahkan sendiri poin-poin lainya yang menurut anda sesuai dengan perusahaan yang sedang anda jalankan, cara membuat SOP (standart operating procedure) yang benar yang saya tuliskan pada artikel ini pun saya telah mempraktikannya dan terbukti cukup berhasil menjalankan bisnis yang saya kelola, yang paling penting diperhatikan dalam artikel Cara membuat SOP (standart operating procedure) yang benar adalah untuk membentuk team SOP terlebih dahulu. Satu orang akan bertindak sebagai tim dan yang lain akan membantu pembentukan SOP berdasarkan pada standar yang diinginkan. Proses pembentukan memang menjadi sesuatu yang butuh waktu dan masing-masing anggota harus memiliki wawasan yang jelas untuk masing-masing bidang yang dipegang.

Menyusun SOP yang tepat sesuai filosofi perusahaan anda adalah sangat penting dilakukan karena walaupun bagaimanapun motor penggerak perusahaan anda adalah karyawan dan SOP inilah panduan kerja karyawan anda sehingga jelas arah dan tujuan karyawan anda dalam bekerja. Silahkan membaca artikel menarik lainya pada blog ini yang berjudul peluang usaha rental mobil

0 Response to Cara membuat SOP (standart operating procedure) yang benar

Posting Komentar