Menjadi Pribadi yang Berpengaruh

Menjadi Pribadi yang Berpengaruh

Manusia adalah makhuk sosial yang memberi pengaruh kepada orang lain dan terpengaruh oleh orang lain, baik pengaruh itu bersifat positif dan baik maupun tidak. itulah pentingnya kita menjadi pribadi yang berpengaruh karena sebagai pemilik bisnis anda sangat perlu untuk menjadi pribadi yang berpengaruh, Ada beberapa karakter atau kepribadian yang mampu mempengaruhi manusia. Pribadi ini dapat memberi pengaruh kepada orang – orang di sekitarnya karena keberadaan karakter tersebut dan perannya dalam kehidupan. Seperti halnya pengaruh kedua orang tua terhadap anak-anaknya, pengaruh guru terhadap murid-muridnya, dan pengaruh bos terhadap para karyawannya. Hal itu dapat kita namakan dengan “pengaruh keteladanan atau pengaruh kepemimpinan” pada manusia.

Ada jenis pengaruh lain selain pengaruh itu, yaitu yang disebabkan oleh perilaku dan tindakan-tindakan, Pengaruh jenis ini dapat dilakukan oleh manusia biasa mana saja terhadap orang lain. Dapat dilakukan oleh seorang teman terhadap temannya dan sahabat terhadap sabatnya. Pengaruh tersebut terjadi karena perilaku dan setiap tindakan. Dan, agar seseorang tak meletakkan dirinya di satu sikap yang stagnan tak berubah. Terutama pada saat ini, di abad 21, ketika kita menyaksikan banyak perubahan yang besar dalam setiap bidang kehidupan. Hal ini tentunya harus diikuti revolusi dalam hubungan kemanusiaan yang sesuai dengan era pada informasi dan globalisasi. Era yang padanya kompetisi untuk mendapatkan pengalaman dan kekayaan manusia menjadi lebih mendunia dan dinamis.

Dunia yang berisi kompetisi teknologi dalam seluruh bidang ini tentunya memerlukan pandangan baru yang lebih komprehensif dan universal terhadap hubungan – hubungan kemanusiaan antar manusia dan antar bangsa. Dan, manusia pada lingkup individu juga dituntut untuk mengembangkan kepribadiannya dan meningkatkannya ke batas-batas tertinggi yang dapat ia capai. terutama apabila anda sebagai seorang pemilik bisnis maka sangat perlu bagi anda untuk menjadi pribadi yang berpengaruh,  Manusia secara keseluruhan menjadi berfikir lebih cepat dan lebih pintar, dan menjadi bertambah luas lingkup impian mereka. Untuk kemudian semua itu saling bersambung dengan seluruh cara yang beragam bentuknya. Hal ini sangat berkaitan erat dengan seni mempengaruhi orang lain.

Seni mempengaruhi orang lain  mengarah kepada hal yang positif memberikan gambaran kepada kita agar saling menghormati diantara sesama. Seni memberi pengaruh positif  kepada seseorang merupakan salah satu kemahiran yang paling tinggi yang harus kita kuasai sebagai seorang pebisnis untuk mengembangkan kepribadian kita dan meningkatkan kepribadian orang lain khususnya karyawan yang bekerja kepada kita. Menjadi sosok yang  jujur terhadap diri  sendiri merupakan langkah awal perlu kita jalani. Ketika kita berinteraksi dengan seseorang yang pasti kita ingin mendapatkan rasa sayang mereka dan persahabatan mereka ataupun segala perhatian dari mereka. Hal ini tak akan terwujud kecuali jika pengaruh kita terhadap mereka bersifat positif dan baik, dan mereka mempunyai impresi yang baik tentang diri kita yang tertanam kuat dalam otak mereka.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang tak dapat memberi pengaruh positif  kepada orang lain,  orang semacam ini menyadari bahwa mereka memerlukan orang lain, namun rasa malu dan keengganan menghalangi mereka untuk mencari apa yang mereka perlukan itu. Karena takut jika pemuasan terhadap keinginan mereka itu semata suatu egoisme dari mereka dan mereka merasakan insting mereka yang perlu dididik bahwa usaha mereka untuk mengamankan keberhasilan dan kebahagiaan mereka itu bermakna menghalangi orang lain untuk mendapatkan untuk mendapatkan keberhasilan atau kebahagiaan. Dengan ini nyatalah mereka memberikan pengaruh yang negatif kepada manusia.

Yakinlah bahwa tidak ada seseoraang yang tak memerlukan orang lain, karena kita semua memerlukan orang lain, karena kita semua memerlukan sesuatu yang dapat dilakukan orang lain atau yang dapat ia berikan.  Ada tiga metode yang dapat kita gunakan dalam berinteraksi dengan orang lain, metode yang positif ataupun negatif,  yaitu :

 (1) kita megambil apa yang kita perlukan dari mereka melalui jalan kekuatan, atau ancaman, atau tipuan, atau kelicikan tanpa kita memberikan sesuatu kepadanya.  Dalam kondisi ini, pengaruh kita terhadap mereka akan bersifat amat negatif dan buruk sekali.

 (2) kita merengek kepada mereka agar mereka memberikan apa-apa yang kita perlukan dari mereka, dengan cara mengharap, merendah diri, dan mengemis. Ini adalah cara negatif pengaruhnya dan hina sekali.

(3)  Berikanlah mereka rasa cinta, niscaya merek akan membalas rasa cinta anda itu. Berikanlah mereka perhatian dan penjagaan, agar mereka juga memberi perhatian kepada anda dan menjaga kepentingan anda. Berikanlah mereka kepercayaan agar anda mendapatkan kepercayaan mereka, inilah cara yang benar untuk menjadi pribadi yang berpengaruh dengan syarat andalah yang menjadi pihak yang memulai memberi, dan hendaknya logika anda dalam memberi pengaruh positif kepada seseorag berdiri diatas logika memberikan kepada orang lain berdasar apa yang mereka perlukan dan butuhkan. dan tehnik untuk menjadi pribadi yang berpengaruh ini dapat anda aplikasikan dalam keseharian bisnis anda sehingga diharapkan perusahaan yang anda pimpin akan berjalan sesuai dengan keinginan anda, sekian terima kasih. baca juga 5 poin penting dalam bernegoisasi
Sumber Gambar: Pixabay

0 Response to Menjadi Pribadi yang Berpengaruh

Posting Komentar