Klaim Asuransi, Bagaimana Caranya ?

klaim asuransi

Klaim asuransi adalah proses klaim terhadap asuransi yang dimiliki jika terjadi musibah seperti kecelakaan, kebanjiran,kebakaran dan lain lain. Jadi ketika terjadinya musibah sepeti yang sudah saya terangkan tadi, anda harus mengajukan klaim asuransi kepada asuransi yang anda miliki. Saat ini asuransi mempunyai banyak sekali jenisnya sebagai contoh jenis asuransi jiwa, asuransi kendaraan dan juga asuransi pendidikan dan masih banyak lagi jenis asuransi lainnya.

Memiliki polis asuransi memanglah sangat penting. Karena ini sebagai proteksi bagi si pemilik. Namun sebagian orang ada yang merasa dipersulit dalam mengajukan klaim asuransi. Dengan itu kita harus mengetahui langkah langkah untuk mengajukan klaim asuransi kepada pihak asuransi yang kita miliki. Prosedur ini dilakukan agar mendapatkan layanan pertanggung jawaban dari asuransi yang kita miliki.
Disini saya akan menjelaskan beberapa prosedur yang harus dilakukan ketika terjadinya musibah kecelakaan, kebanjiran, kebakaran atau jenis musibah lainnya. Sesuai dengan jenis asuransi yang anda miliki. Sehingga dana yang anda inginkan dapat dengan cepat cair sebagai pelayanan dari pihak asuransi.

Terkadang orang menganggap pengajuan klaim asuransi terlalu ribet dan sulit juga terkesan lambat. Padahal sebenarnya pihak asuransi memiliki waktu dan term tersendiri untuk memproses pengajuan klaim asuransi anda.namun anda harus memperhatikan hal hal untuk mengajukan klaim kepada asuransi yang anda miliki. Dibawah ini saya akan meberikan contoh tindakan yang harus anda lakukan jika terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan anda atau pihak lain yang terlibat dalam kecelakaan itu. Berikut penjelasannya.


Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mengajukan Klaim Asuransi


Pertama tama anda harus melaporkan kejadian yang menimpa, seperti contohnya anda memiliki asuransi mobil anda, nah ketika terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil anda, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendokumentasikan nya dengan cara difoto atau mendokumentasikan keadaan mobil anda. Ini bertujuan sebagai bukti bahwa memang telah terjadi kecelakaan yang telah melibatkan mobil / kendaraan anda.

Setelah didokumentasikan langkah kedua adalah melaporkannya kepada pihak asuransi yang anda miliki secepatnya. Ceritakan kronologis kejadiannya dengan cerita yang sebenar benarnya. Karena ini akan menjadi pertimbangan pihak perusahaan asuransi yang anda miliki. Pihak perusahaan akan mempertimbangkan ajuan klaim anda dengan bukti dokumentasi dan kronologis dari kejadian tersebut apakah ajuan klaim anda akan diterima atau ditolak itu.

Setelah itu persiapkan dokumen dokumen yang harus anda lengkapi sebagai prosedur pengajuan klaim anda. Seperti yang saya contohkan tadi misalnya asuransi mobil. Nah berarti anda harus memperisapkan berkas berkas atau surat dari asuransi mobil anda, selain itu siapkan juga surat kelengkapan kendaraan anda. Contohnya data polis asuransi, STNK, dan identitas dari pengemudi. Jika kecelakaan terjadi melibatkan pihak lain lampirkan juga identitas kendaraan dan pengemudi dari pihak lain ini. 

Setelah melaporkan dan meyerahkan data data terkait. Tim dari pihak perusahaan akan mensurvey mobil anda kerumah atau kantor tempat anda bekerja atau anda dapat memperlihatkan keadaan mobil anda kepada pihak asuransi. Setelah itu pastikan bahwa anda mendapatkan surat perintah kerja (SPK) yang ditujukan kepada bengkel yang mempunyai kerjasama atau rekanan dengan pihak asuransi yang kita miliki. Karena dengan melakukan perbaikan dibengkel yang mempunyai kerjasama atau rekanan dengan pihak asuransi yang kita miliki waktu pengerjaan, kualitas dan biaya pengerjaan sudah mutlak dan genap ditanggung oleh pihak asuransi yang kita miliki.

Baca juga: Tips Cara Mengatur Keuangan Dimasa Sulit

Teruslah memantau proses perbaikan kendaraan anda atau menanyakan perkembangan proses perbaikan kepada pihak asuransi. Atau anda juga bisa membantu mencari onderdil dari kendaraan anda agar mempercepat proses perbaikan kendaraan anda. Sehingga waktu perbaikan akan lebih cepat.

Terjadi Kecelakaan Yang Melibatkan Pihak Lain 

Jika kecelakaan yang terjadi melibatkan pihak lain artinya kendaraan lain yang terlibat itu biasanya juga mendapatkan biaya perbaikan dari asuransi yang anda miliki. Oleh karena itu melengkapi dokumen dari pihak lain ini sangat penting karena dapat mencegah pengeluaran tak terduga jika kejadiannya disebabkan oleh kendaraan anda, sehingga anda harus mengganti rugi kendaraan lain. Mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk mengganti rugi dari kendaraan lain yang terlibat. Biasanya di dalam asuransi terdapat istilah hukum terhadap pihak ketiga (TJH 3). Yaitu biaya ganti rugi untuk pihak ketiga atas kerugian yang dialami selain dari objek pertama yang dipertanggung jawabkan oleh pihak asuransi, dengan catatan kecelakaan terjadi disebabkan oleh pihak pertama. 

Demikian prosesur dari pengajuan klaim jika terjadi kecelakaan. Dan tahapan tahapan yang harus anda lakukan untuk mendapatkan klaim dan pertanggung jawaban dari pihak asuransi yang anda miliki. Jika anda ingin mengajukan klaim asuransi ada baiknya anda mempelajari dulu prosedur prosedur yang harus dilewati, sehingga proses klaim dapat berjalan dengan lancar dan cepat. semoga bermanfaat

Baca juga: Kisah Sukses Chairul Tanjung

0 Response to Klaim Asuransi, Bagaimana Caranya ?

Posting Komentar