Pengertian Premi Asuransi

premi asuransi

Sebelum kita membahas tentang premi asuransi, ada baiknya kita mengetahui pengertian asuransi. Asuransi berasal dari kata insurance atau pertanggungan. Atau asuransi adalah sebuah perjanjian antara nasabah / anggota / tertanggung dengan penanggung atau perusahan asuransi. Arti dari hal ini yaitu, pihak penanggung berkenan membayar kerugian atas sesuatu yang ditanggungkan kepada pihak tertanggung. Dengan catatan pihak tertanggung membayar sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan atau ketentuan yang sudah disetujui oleh pihak tertanggung dengan pihak penanggung. Atau dengan kata lain pihak nasabah wajib membayarkan sejumlah uang setiap bulannya kepada pihak asuransi sesuai jumlah yang sudah ditentukan oleh pihak asuransi. Dan pembayaran ini yang biasa disebut dengan premi asuransi.

Pihak tertanggung ialah pihak pemberi resiko atau nasabah atas kejadian yang menimpa dirinya pada sewaktu waktu. Sedang  pihak penanggung ialah pihak yang bertanggung jawab atas kejadian yang menimpa tertanggung atau nasabah, atau disebut juga pihak perusahan asuransi yang telah mengadakan perjanjian dengan nasabah tersebut.

Terdapat beberapa persyaratan perjanjian asuransi yang disertai hak dan kewajiban dari masing masing pihak dan itu semua tertulis dalam sebuah polis asuransi.
Adapun beberapa contoh asuransi yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kehilangan, asuransi kendaraan dan masih banyak lagi asuransi yang lainnya. Kesemuanya itu adalah upaya proteksi untuk sesuatu yang diasuransikan.

Fungsi dari asuransi itu sendiri yaitu sebagai mekanisme pengalihan resiko atau disebut juga risk transfer mechanism. Dengan kata lain pengalihan resiko dari pihak tertanggung atau nasabah kepada pihak penanggung atau perusahaan asuransi.pihak penanggung atau perusahaan asuransi ini menyediakan fasilitas keamanan keuangan atau financial security dan ketenangan atau peace of mind bagi pihak tertanggung atau nasabah.Nah sebagai imbalannya pihak tertanggung membayar sejumlah uang kepada pihak penanggung yang disebut premi asuransi.

Mungkin pada sebagian orang masih bingung dengan kata premi asuransi. Untuk sekedar memberikan sedikit info untuk anda yang masih belum tahu dengan premi asuransi, saya akan membahasnya dalam artikel ini. Dengan itu simak baik baik artikel ini untuk mendapat kan info yang lebih jelas tentang pengertian dari premi asuransi.

Premi asuransi adalah sebagai uang atau pembayaran ekstra yang dibayarkan sebagai pendorong atau perancang atau sesuatu pembayaran tambahan diatas pembayaran normal. Sedang menurut defenisi lain premi asuransi adalah sebagai uang yang dibayarkan oleh tertanggung kepada perusahaan asuransi tertentu.

Setiap orang memiliki kebutuhan hidup yang berbeda beda, namun kesumanya itu sejatinya manusia mempunyai kebutuhan yang hampir sama. Seperti mempunyai kebutuhan untuk makan, kebutuhan untuk hidup aman,memiliki rumah, kendaraan, kebutuhan untuk sehat, pendidikan, masa depan dan masih bnayak lagi jenis kebuthan lainnya. Dan setiap manusia berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut. Setelah mendapatkannya Kemudian mereka berfikir untuk memproteksi apa yang telah mereka dapatkan. Contohnya mereka akan memproteksi kendaraan, rumah, dan harta lainnya dari hal hal yang tidak diinginkan.

Dan premi asuransi lah solusinya. Premi asuransi tadi adalah sebagai pembayaran oleh tertanggung kepada perusahaan penanggung, sebagai imbalan jasa atas pengalihan resiko para penanggung. Mengenai jumlah besarnya pembayaran premi biasanya sudah  ditentukan oleh perusahaan asuransi diatasdasarkan pada keadaan tertanggung atas keikutsertaannya.

Dari berbagai penjelas mengenai pengertian premi asuransi diatas, disimpulkan bahwa, premi asuransi ialah sejumlah pembayaran ekstra atau derma, yang diabayarkan sebagai pendorong atau perancang atau sejumlah pembayaran lebih diatas pembayaran normal. Atau sejumlah pembayaran lebih yang harus dibayarkan setiap bulannya oleh sitertanggung , diatas pembayaran normal yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi atas keikutsertaannya.

Fungsi premi asuransi yaitu mengembalikan kerugian yang dipertanggungkan kepada sitertanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan kata lain premi asuransi membantu mengembalikan atau menanggung perbaikan sesuatu yang dipertanggungkan. Sehingga tertanggung bisa mendapatkan kembali ke posisi semula.
Fungsi dari premi merupakan harga pembelian dari tanggungan yang wajib diberikan oleh penanggung atau sebagai imbalan resiko yang diperalihkan pertanggungan dibuat, terkecuali pertanggungan saling menanggung. Itulah fungsi lain dari premi.

Pembayaran tarif premi asuransi dibayarkan menurut ketentuan dari pihak perusahaan asuransi yang dipertimabangkan atas macam barang yang diasuransikan, kondisi pertanggungan dan macam alat pengankutan atas barang yang diasuransikan. 

Demikian defenisi dari premi asuransi yang dapat saya jelaskan. Semoga bagi anda yang tadinya belum mengetahui apa itu premi asuransi, dengan membaca artikel ini dapat sedikit memberikan informasi kepada anda. Sejatinya kita tidak akan menghendaki terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan, tetapi apa salah nya bila kita dapat memproteksikan dari hal hal yang tidak diinginkan, mengapa tidak ?? karena asuransi sebagai pengalihan resiko yang kita alami, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk resiko tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca juga: klaim asuransi, bagaimana caranya ?

0 Response to Pengertian Premi Asuransi

Posting Komentar