10 Perusahaan Asuransi di Indonesia


10 Perusahaan Asuransi di Indonesia
Photo by Michael Havens license Creative Commons
Sebagian besar masyarakat Indonesia kini sudah menegatahui manfaat dari asuransi. Asuransi menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi demi mempersiapkan atau sebagai antisipasi untuk masa yang akan datang. 

Hal ini memunculkan perusahaan perusahaan asuransi baru yang meneyediakan pelayanan dan produk yang beragam. Produk dan jenis pelayanan yang diatwarkan terus mengadaptasi dengan kebutuhan masyarakat sekarang ini akan pentingnya asuransi. Sebagai contoh asuransi jiwa dan kesehatan didisain berkolaborasi dengan investasi yang memunculkan produk jenis asuransi  unit link. Jenis produk lain lagi yang ditawarkan yaitu jenis produk asuransi resiko, seperti asuransi kendaraan bermotor dan asuransi rumah yang biasanya dikemas dalam satu paket bersamakredit kendaraan tersebut atau kredit kepemilikan rumah (KPR).

Banyaknya persaingan antar perusahaan asuransi memunculkan berbagai produk pelayanan yang bersaing. Dan masuknya asuransi asing yang mempunyai modal yang besar seperti Prudential dan Allianz, membuat perubahan yang berarti didalam persaingan produk asuransi yang tadinya hanya diisi perusahaan asuransi lokal seperti Jiwasraya dan Bumiputera.


Dibawah ini saya berika informasi mengenai perusahaan asuransi di Indonesia yang dirangkum berdasarkan informasi yang saya dapat kan di media sosial maupun elektronik. 

10 perusahaan asuransi di Indonesia


1.    Prudential
PT. Prudential Assurance ( prudential Indonesia ), berdiri pada tahun 1995. Perusahaan asuransi ini merupakan bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan ritel berbasis di London, Inggris. Ditahun 2011 lalu unit perusahaan jiwa Prudential ini dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik oleh majalah investor untuk perusahaan yang mempunyai aset diatas 10 triliyun.

2.    Allianz
Perusahaan asuransi yang merupakan cabang dari perusahaan asuransi Allianz SE, di Jerman ini masuk ke Indonesia sejak tahun 1981 dan merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia.perusahaan asuransi ini bergerak dibidang asuransi kesehatan, suransi jiwa, dana pension, employee benefit dan saving.

3.    AXA Mandiri
AXA Mandiri adalah perusahaan yang shamnya dimiliki oleh Bank Mandiri dan AXA Grup. Perushaan ini mempunyai produk asuransi jiwa, asuransi umum dan menejemen aset melalui beragam jalur distribusi. Perusahaan ini juga meneydiakan pelayanan berbagai solusi kebutuhan nasabah, baik dari segi pelayanan investasi, keuangan serta asuransi perlindungan asset dan jiwa.

4.    Bumiputera 1912
Sesuai dengan namanya perusahaan asuransi tertua di Indonesia ini berdiri sejak tahun 1912. Asuransi jiwa pertama di Indonesia ini terus emnegmbangkan produknya mengikuti kebutuhan nasabah yang terus berkembang saat ini. Prinsip mutual share yang terus dipegang perusahaan ini dimana setiap pemegang polis adalah pemilik perusahaan. Dan asuransi ini tetap menjadi asuransi jiw aterbesar di Indonesia.

5.    Jiwasraya
Perusahaan asuransi yang didirikan pada tahun 1859 bergerak disektor asuransi, PT Asuransi Jiwasraya merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia dan merupakan asuransi jiwa pertama di Indonesia. 

6.    Manulife
Perusahaan asuransi yang merupakan cabang dari perusahaan Manulife Financial, dan merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia berdasarkan atas kapitalisasi pasar. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1985, dan memiliki 26.000 karyawan di seluruh dunia. 

7.    CIGNA
Asuransi CIGNA merupakan perusahaan cabang asuransi CIGNA Grup di Connecitut, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1990.


8.    Avrist
PT Avrist assurance didirikan sejak tahun 1975. Merupkan perusahaan asuransi jiwa patungan multinasional pertama di Indonesia, produk asuransi ini terdiri dari asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa kredit dan pension baik untuk individu maupun bagi kelompok. Perusahaan ini merupakan termasuk produk asuransi jiwa berbasis syariah melalui berbagai macam distribusi.

9.    Sinarmas
Asuransi yang didirikan pada 27 Mei tahun 1985. Asuransi Sinar Mas ( ASM ) merupakan cabang perusahaan dari perusahaan Sinar MAs Group. Pada awal pendirian nama dari asuransi ini dinamakan PT. Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta dan kemudian nama ini diubah menjadi PT. Asuransi Sinar Mas pada tahun 1991.

10.    AIA Financial
Perusahaan ini berdiri pada tahun 1983, sebelum nama nya menjadi AIA Financial perusahaan asuransi ini pernah berganti nama menjadi PT. Asuransi Lippo Jiwa Sakti menjadi Lippo Life, dan kemudian AIG Lippo, namun setelah sahamnya sebanyak 80% dimiliki oleh American International Assurance kemudian baru nama ini berubah menjadi AIA Financial.

Demikianlah sedikit info yang dapat saya berikan untuk anda. pada dasarnya setiap asuransi menganggap perusahaan asuransi nya yang paling baik. Tergantung dari keinginan anda untuk memilih asuransi mana yang tepat dan cocok dengan kebutuhan serta kemampuan anda. dari daftar 10 perusahaan asuransi di Indonesia, silahkan anda pilih dan tentukan jenis produk asuransi mana yang akan anda pilih.

Jika anda belum memiliki asuransi dan berniat akan membeli produk asuransi sebagai pertimbangan silahkan  pilih dari salah satu daftar 10 perusahaan asuransi di Indonesia diatas. Semoga Bermanfaat.

Baca juga: Pentingnya Financial Check-up

0 Response to 10 Perusahaan Asuransi di Indonesia

Posting Komentar