7 Tips Atur Keuangan Bagi Pengantin Baru

7 Tips Atur Keuangan Bagi Pengantin Baru

7 Tips Atur Keuangan Bagi Pengantin Baru - Secara umum pernikahan merupakan salah satu momen paling penting yang dinanti pasangan muda yang belum menikah, pada saat momen tersebut berlangsung mereka rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi kelancaran acara pesta pernikahan mereka, memang hal tersebut sah-sah saja mengingat acara pernikahan memang merupakan acara sakral yang menuntut banyak biaya, namun juga anda perlu berpikir setelah pesta dan bulan madu selesai anda harus menentukan bagaimana mengelola keuangan bersama pasangann anda mengingat anda saat ini tidak lagi sendiri namun anda sudah resmi bersuami istri.

Baca juga:  Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

Menurut data dari badan komisi urusan pernikahan di Indonesia menyebutkan bahwa  Masalah keuangan adalah salah satu penyebab paling umum terjadinya pertengkaran dalam pernikahan. oleh sebab itu ketika anda telah menikah maka anda harus memiliki kecerdasan dan insting yang tajam untuk mengelola keuangan anda, nah jika anda seorang pasangan yang baru menikah dan bingung dalam mengelola keuangan berikut 7 tips mengatur keuangan bagi pengantin baru yang saya rangkum dari berbagai sumber.

7 Tips Atur Keuangan Bagi Pengantin Baru


1. Menetapkan prioritas dan tujuan Hidup
Tips mengatur keuangan bagi pengantin baru yang pertama ialah dengan cara menetapkan prioritas dan tujuan hidup, ketika anda baru menikah maka langkah pertama yang harus anda lakukan ialah menetapkan  tujuan hidup bersama seperti Apakah anda ingin memiliki anak? Berapa banyak anak? Berapa lama? Apakah ingin membeli rumah?dan lain sebagainya, meskipun terkesan rumit namun cara ini sangat efektif untuk mengatur keuangan bagi penganti baru dan sebaiknya Tujuan hidup ini harus bersifat berubah-ubah, serta usahakan Anda meninjau hal tersebut sesering mungkin

2. Menetapkan anggaran bulanan
Tips mengatur keuangan bagi pengantin baru yang kedua ialah dengan menetapkan anggaran bulanan serinci mungkin, secara umum anggaran bulanan dalam suatu rumah tangga berfungsi agar anda bisa mengendalikan pendapatan dan pemasukan anda dalam setiap bulan, tanpa adanya anggaran bulanan maka bisa jadi pengeluaran anda akan jauh lebih besar dari pendapatan anda, adapun cara menetepakan anggaran bulanan yang tepat ialah dengan menghitung berapa biaya yang anda pakai untuk tagihan rumah, transportasi, makan, dan lain sebagiannya.




3. Miliki sistem pengontrol keuangan
Sistem pengontrol keuangan umumnya sering diabaikan oleh banyak keluarga, padahal sistem pengendali keuangan ini berperan ekstra dalam menentukan mana biaya yang wajib dipenuhi dan mana biaya yang kurang wajib untuk dipenuhi, selain itu juga sistem pengendali keuangan berperan ekstra untuk menjaga kesehatan keuangan anda. Adapun cara membuat sistem pengontrol keuangan ini ialah dengan cara membuat buku catatan pendapatan dan pengeluaran secara masiv 

4. Mulailah investasi Jangka Panjang
Secara umum investasi di awal penikahan merupakan salah satu langkah cerdas untuk memperoleh keuntungan yang masiv dalam mengarungi samudera kehidupan, namun ingat  Anda jadi tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk investasi adapun langkah terbaik  dalam beriventasi ialah dengan cara menyicil rumah ataupun membeli emas batangan, dan jika harga emas atau bangunan tersebut telah mengalami kenaikan harga maka anda bisa menjualnya dan memperoleh keuntungan yang melimpah.

5.  Mengatur dana darurat
Mengatur dana darurat merupakan langkah penting agar anda tetap memiliki uang di saat-saat mendesak, seperti saat mengalami kecelakaan, biaya persalinan ataupun disaat anda jatuh sakit, ketika anda mengatur dana darurat Anda dan pasangan anda harus berkontribusi untuk meningkatkan dana ini secara teratur dan berkomitmen untuk menggunakannya di saat-saat mendesak.

6.  Menabung Untuk Masa Depan Keluarga Anda
Berbeda halnya dengan investasi, menabung bersama merupakan langkah cerdas dalam meminimalisir pengeluaran anda secara signifikan, Selain itu mulai juga ada baiknya jika anda membuat sistem perencanaan pensiun Anda dari tempat kerja dengan menginvestasikan uang dalam portofolio berupa reksadana atau asuransi yang terdiversifikasi sesuai dengan tujuan keuangan keluarga anda, dengan cara ini maka anda tidak perlu khawatir jika anda dipecat dari perusahaan ataupun dipaksa pensiun dini sebab anda telah memiliki tabungan untuk membuka usaha lain.

7.  Selalu Monitor Kemana Habisnya Uang Anda.
Caramengatur keuangan setelah menikah yang terakhir ialah adalah dengan mencatat semua pengeluaran Anda dan pasangan anda dengan cara selalu memonitor kemana uang anda habis dan untuk apa uang itu dihabiskan, jika anda melakukan cara ini maka besar kemungkinan anda akan tahu cara meminimalisir pengeluaran keuangan anda setiap bulannya, di sisi lain usahakan anda dan pasangan anda selalu transparan ketika menggunakan uang bulanan ini.

Mungkin hanya itu tips-tips dari saya mengenai 7 Tips Atur Keuangan Bagi Pengantin Baru semoga dengan penjelasan saya diatas dapat membantu anda dalam mengelola keuangan bersama pasangan anda, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Tips Cara Tepat Mengelola Gaji Bulanan

0 Response to 7 Tips Atur Keuangan Bagi Pengantin Baru

Posting Komentar