Budidaya Pepaya, Manis Buahnya Manis Profitnya


Budidaya Pepaya
Photo By sneakerdog License Creative Commons
Tentunya kalian tidak asing lagi dengan yang namanya pepaya, biasanya orang jawa menyebutnya dengan istilah “kates”. Pepaya berasal dari Amerika Tengah yang disebarluaskan oleh pedagang Spanyol ke berbagai penjuru dunia yang salah satunya adalah negara Indonesia terutama di wilayah jawa. Budidaya pepaya sering kita jumpai di daerah pedesaan, yang mudah tumbuh diberbagai musim.

Saat ini buah pepaya banyak dicari oleh kalangan masyarakat, karena selain buahnya yang segar dan manis, buah ini juga mempunyai banyak manfaat. Selain mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, banyak juga para dokter yang menyarankan pasiennya yang mengalami gangguan pencernaan untuk sering mengkonsumsi buah pepaya. Salain buahnya, daun pepaya juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, mencegah kanker, mengobati nyeri saat haid, memperlancar ASI ibu menyusui, memperkuat tulang dan gigi, serta masih banyak manfaat lainnya. Maka dari itu, mari kita lakukan budidaya pepaya supaya jika membutuhkan sewaktu-waktu tinggal memetik di kebun sendiri daripada harus mencari dan membeli.

Sebernarnya budidaya pepaya itu mudah sekali, sudah banyak orang-orang yang sukses dalam budidaya pepaya. Tapi perlu diketahui jenis pepaya juga bermacam-macam guys, diantaranya, pepaya bangkok, pepaya cibinong, pepaya hawai, pepaya california, pepaya gunung. Tapi yang banyak dicari dan digemari oleh masyarakat saat ini adalah pepaya california, dengan daging yang kenyal, tebal, dan manis. Buahnya berbentuk kecil dan lonjong, bobotnya berkisar 600 gr sampai 2 kg. Selain banyak dijumpai di pasar, pepaya jenis ini juga banyak dijumpai di supermartket, karena pepaya california lebih unggulan dibanding jenis pepaya yang lainnya.


Tips Sukses Memulai Usaha Budidaya Pepaya


Bisnis dibidang pertanian bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Jika anda tertarik, dalam artikel ini saya uraikan tips sukses budidaya pepaya, yang perlu diperhatikan adalah:

1.    Menyiapkan modal usaha untuk budidaya pepaya tidak harus dengan modal yang banyak, cukup dengan menyiapkan modal awal sekitar 8 juta bisa meraup untung 60 juta sampai 70 juta dalam satu tahun. Namun, kalau modal berani besar keuntungannya tinggal mengkalikan saja.

2.    Dalam budidaya pepaya ini, modal digunakan untuk membeli bibit, dengan memilih bibit-bibit pepaya yang sehat dan berkualitas. harga bibit pepaya california dipasaran perbatangnya kurang lebih Rp 2.500. Untuk 1 ha lahan bisa ditamani sekitar 1.300 pohon sampai 2.000 pohon, ditanam dengan jarak antar pohon 2m x 2m. Jadi, kalau punya tanah 1 ha anda hanya butuh modal awal sekitar 3 juta untuk membeli bibit, 2 juta untuk biaya pengolahan lahan dan sisanya 3 juta untuk membeli pupuk daun dan pupuk kandang serta biaya pengairan. Pada minggu ke dua setelah bibit ditanam dikasih nutrisi lewat sempot pupuk daun, kemudian pada minggu ke tiga dilakukan pembersihan dari gulma yang mengganggu tanaman, pada usia satu bulan dilakukan pemupukan dengan pupuk kandang dan pengarian. Selanjutnya pemupukan dilakukan rutin tiap tiga bulan sekali, dan pengairan bisa dilakukan dengan menggunakan air sungai maupun air sumur yang dialirkan menggunakan mesin diesel.

3.    Ketika berumur 4 bulan pepaya sudah mulai berbunga, dan setelah berumur kurang lebih 8 bulan buah pepaya sudah bisa diproduksi. Sekali panen untuk budidaya pepaya jenis ini, pada setiap pohon dari pepaya california ini menghasilkan 20 hingga 50 buah, dan dalam 1 bulan bisa dipanen sampai 4 kali, dipetik dari yang paling masak dulu. Sekali ditanam pohon pepaya dapat berbuah hingga umur 3 sampai 4 tahun. Harga jual panen per kilo berkisar Rp 3.500 an, dan harga jual di pasaran per kilo Rp 5.000 hingga Rp 7.000. jadi setiap 1 batang pohon pepaya dari budidaya pepaya jenis ini, kalau bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, sekali panen bisa mengahasilkan uang kurang lebih Rp 70.000, tapi tergantung juga pada kualitas dan bobot buah pepaya.  

Dalam budidaya pepaya, prospek penjualan pepaya california sangat terbuka lebar karena merupakan raja pepaya dari berbagai jenis pepaya yang ada. Perlu diingat bahwa banyak sedikitnya keuntungan yang akan didapat tergantung bagaimana kita mampu mengelola pembudidayaan pepaya dengan baik. jangan lupa selalu dikontrol minimal 1 minggu sekali, karena jika mulai terserang hama biar segera diatasi, sebab jika menyebar ke seluruh tanaman produktifitas akan menurun dan menyebabkan gagal panen.

Nah, untuk meminimalisir modal yang dikeluarkan, kalau kita bisa mengerjakan sendiri tidak perlu memperkerjakan orang lain. Jika kita bisa memanfaatkan ladang dengan membudidayakan tanaman didalamnya terutama budidaya pepaya, maka ladang akan menjadi lebih produktif dan cukup menjajinkan sekali keuntungan yang didapat dari budidaya pepaya. Selamat mencoba guys, semoga sukses.

Baca juga: Peluang Usaha Buah Naga

0 Response to Budidaya Pepaya, Manis Buahnya Manis Profitnya

Posting Komentar