Cara Memilih Asuransi yang Sesuai Dengan Anda

Cara Memilih Asuransi yang Sesuai Dengan Anda
Photo by Kevin Cramer 2012 License Creative Commons

Saat ini sebagian masyarakat telah menyadari pentingnya berasuransi, guna melindungi diri,keluarga dan harta bendanya. Sebelum anda mengikuti trend berasuransi yang sedang hits disebagian kalangan, baiknya anda tanyakan dulu kepada diri anda sendiri apakah anda benar benar membutuhkan asuransi ?? 

Pertanyaan yang terkadang muncul dibenak anda ini memberikan dua pilihan untuk anda, mengikuti atau tidak ??. untuk memberikan pertimbangan bagi anda yang sedang bingung untuk menentukan pilihan, saya akan memberikan tips cara memilih asuransi yang sesuai dengan anda. sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda untuk mengikuti polis asuransi. 

Memilih asuransi yang sesuai dengan anda, berdasarkan atas kebutuhan apa yang memang benar benar anda perlukan, dan seberapa besar kemampuan anda. kedua pertimbangan ini harus benar benar anda perhatikan, karena yang ditakutkan nantinya anda tidak bisa mengambil manfaat dari asuransi sesuai dengan keinginan anda. Atau dengan kata lain anda salah memilih asuransi yang sesuai dengan kebuthan anda sendiri.

Dengan itu simaklah baik baik artikel dibawah ini, yang akan membahas tentang cara memilih asuransi yang sesuai dengan anda. agar anda dapat benar benar menentukan pilihan yang sesuai dan tepat seperti yang anda butuhkan. Dan tidak hanya karena tergiur oleh penawaran dari perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai pelayanan, tetapi sesuaikanlah dengan apa yang benar benar anda butuhkan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Klaim Asuransi.

Cara memilih asuransi yang sesuai dengan anda


1.    Tentukan jenis asuransi apa yang akan anda ambil.
Kenali dulu jenis asuransi apa yang saat ini benar benar anda butuhkan. Tidak semua jenis asuransi harus anda miliki, karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda beda sesuai dengan dana yang mereka miliki. Jadi tentukan dulu jenis asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan anda. jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari anda sendiri.

2.    Perhatikan dan pelajari dahulu polis dari asuransi yang akan anda pilih.
Selain memilih jenis asuransi yang akan anda ambil, perhatikan dan pelajari dahulu polis asuransi yang anda pilih. Bacalah klausul polis dengan baik perhatikan tentang biaya dan dana perlindungan yang akan anda dapatakan nantinya. Sering kali terjadi kesalah pahaman perlindungan dari polis yang dipilih tidak sesuai dengan yang anda harapkan, dan begitu juga sebaliknya perlindungan yang didapat melebihi kebutuhan sehingga menyebabkan kesia siaan. Satu hal lagi pelajari juga proses klaim di setiap perusahaan asuransi. Pilihlah yang mempunyai proses klaim yang tidak bertele tele, supaya pengajuan klaim anda tidak membutuhkan proses yang lama.

3.    Memilih nilai premi.
Jika sudah memilih jenis asuransi dan memhami polis dari asuransi, langkah berikutnya yaitu memilih nilai premi. Terkadang jenis asuransi yang sama pada perusahaan yang berbeda memiliki nilai premi yang beragam. Sesuaikan nilai premi yang akan anda bayarkan dengan biaya yang anda miliki sesuai dengan kemampuan anda. pilihlah nilai premi yang menawarkan nilai pertanggungan dan jasa yang setara namun memiliki nilai premi yang cukup bersaing.


4.    Perhatikan penyebab utama terjadinya resiko.
Sebuah perusahaan asuransi biasnya akan menyetujui klaim yang diajuakan oleh nasabah sesuai dengan kerugian yang disebabkan oleh faktor yang telah disepakati sebelumnya, seperti contoh asuransi kesehatan, tidak semua jenis pengobatan penyakit ditanggung oleh perusahaan asuransi, karena ada beberapa jenis penyakit yang menjadi pengecualian. Jadi untuk memilih asuransi harus memperhatikan juga penyebab utama terjadinya resiko sehingga kita dapat mengajukan klaim pada perusahaan tersebut.

5.    Selidiki tentang perusahaan asuransi yang akan anda pilih.
Selidikilah dan cari tahu tentang perusahaan asuransi yang akan anda pilih, apakah perusahaan asuransi itu telah terdaftar di kementrian keuangan atau anda dapat mengecek nya di link (cek di www.bapepam.go.id). Sehingga anda dapat mengetahui lebih jelas tentang perusahaan asuransi yang akan anda pilih. Atau pilihlah agen asuransi yang tepat beritahu tentang kebutuhan dan kemampuan anda kepada agen agar agen dapat membuat analisisnya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada agen tentang hal hal yang belum anda pahami. Cari lah informasi dari beberapa agen asuransi sebagai perbandingan untuk anda, asuransi mana yang benar benar tepat untuk anda.

Demikianlah beberapa cara yang harus anda perhatikan dalam memilih asuransi yang sesuai dengan anda. sebelum memilih asuransi sebaiknya pelajari dahulu artikel diatas tentang cara memilih asuransi yang sesuai dengan anda. agar anda dapat mempunyai pilihan yang tepat dalam memilih asuransi apa dan perusahaan asuransi mana yang sesuai dengan anda. Demikian penjelasan artikel cara memilih asuransi yang sesuai dengan anda semoga bermanfaat bagi anda.

Baca juga Pengertian Premi Asuransi 

0 Response to Cara Memilih Asuransi yang Sesuai Dengan Anda

Posting Komentar