Contoh Bisnis Plan Sederhana

Contoh Bisnis Plan Sederhana
Photo by Steven Depolo license Creative Commons

Contoh bisnis plan sederhana, bisnis plan adalah suatu rancangan atau konsep sederhana yang dibuat dan ditulis sebagai perencanaan kedepan untuk bisnis anda. atau dengan kata lain perencanaan tertulis yang dibuat atau langkah langkah apa saja yang harus dilakukan untuk perencanaan bisnis anda. jangan remeh kan hal ini karena sesuatu apa pun tanpa perencanaan atau persiapan yang tidak disusun kendatipun susunan itu dibuat secara sederhana, pasti menghasilkan sesuatu yang lebih baik dibandingkan sesuatu yang tidak direncanakan dan dipersiapkan pada awalnya.

Contoh Bisnis Plan Sederhana


Dalam ulasan kali ini saya akan memberikan contoh untuk membuat bisnis plan sederhana. Terdapat beberapa faktor atau poin yang harus anda catat dalam menyusun bisnis plan sederhana yang harus anda tulis. Tata cara meyusun dan poin penting yang harus ada dalam bisnis plan anda adalah :

1.    Target atau keinginan yang akan dicapai
Tulislah hal pertama ini pada secarik kertas yang sudah anda persiapkan. Tulislah target dan keinginan yang ingin anda capai denagn bisnis yang akan anda jalani. Tuliskan juga tahun berapa pencapaian target yang ingin anda capai.

2.    Deskripsikan bisnis anda
Tuliskan siapa anda dan langkah apa yang akan anda lakukan selama dalam masa pencapaian target yang sudah anda tuliskan diatas.jangan lupa untuk menuliskan harapan respon pasar terhadap bisnis yang akan anda jalani. Langkah ini menyerupai visi anda terhadap bisnis yang kan anda jalani. Tuliskan secara sederhana.

3.    Mempersiapkan produk dan jasa
Buatlah sebuah daftar yang menjelaskan tentang produk atau jasa yang akan anda tawarkan kepada pasar atau konsumen. Jelaskan dan berikan informasi tentang pentingnya, kelebihan dan kualitas produk atau jasa yang akan anda tawarkan kepada konsumen atau pasar. Buatlah dalam bentuk tabel.

4.    Strategi pasar
Tentukanlah strategi yang akan anda ambil berdasarkan atas analisis pasar yang telah anda pelajari secara teliti tantang pasar dan segala aspek tingkah lakunya. Dan yang paling terpenting adalah pertama tama anda harus menanyakan kepada diri anda sendiri tentang seberapa penting produk atau jasa tersebut anda butuhkan. Jadi kalo anda sendiri merasa membutuhkan kemungkinan besar orang lain pun akan sama seperti anda, karena pada dasarnya kebutuhan manusia adalah sama, hanya yang membedakan adalah tentang kemampuan dari personalnya sendiri. 

5.    Analisis kompetitor
Setelah anda menentukan strategi pasar yang akan anda lakukan. Anda juga harus mempelajari tentang analisis kompetitor yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kekuatan dan kelemahan dari pesaing dalam market anda. mengetahui kekuatan dan kelemahan dari pesaing market anda bertujuan untuk dapat memberikan yang lebih baik bagi  konsumen dan mengembangkan produk serta layanan anda agar bisa lebih bersaing dengan kompetitor.

6.    Susunan dan pengembagan rencana
Dalam bisnis plan tujuan dari susunan dan pengembangan rencana yaitu untuk menyajikan deskripsi produk dan pelayanan yang akan anda sajikan kepada konsumen. Buatlah grafik produksi, pemasaran dan perusahaan itu sendiri serta mebuatkan anggaran yang akan memungkinkan bisnis anda mencapai tujuan atau target yang telah dibuat.

7.    Rencana operasional dan managemen
Perencanaan operasional dan managemen dirancang untuk menggambarkan bagaimana  fungsi operasional dan managemen bisnis yang akan anda jalani.rencana operasional akan menggambarkan tentang yang berhubungan dengan logistic dan kerjasama team. 

8.    Keuangan atau dana
Hal ini biasanya dituliskan pada akhir dari rencana bisnis anda, tetapi bukan berarti kita dapat menyepelkan hal ini. Buatlah sebuah perincian keungan tentang bisnis yang akan anda jalani. Contoh sederhananya, buatlah dua kolom yang masing masing berisikan kolom pengeluaran dan yang lain tentang kolom keuntungan. Usahakan agar anda membatasi pengeluaran pada perencanaan bisnis anda, sehingga kita dapat menegtahui seberapa besar keuntungan yang kan kita dapatkan dibandingkan jumlah pengeluarannya. Buatlah rincin secara sederhana dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti orang lain agar orang tersebut tertarik untuk berinvestasi pada bisnis yang akan kita jalani. Jika anda membutuhkan investor pada bisnis yang akan anda jalani.


Demikianlah contoh membuat plan bisnis sederhana yang harus anda tuliskan. Tentunya langkah langkah diatas sudah cukup menjelaskan betapa pentingnya menuliskan atau menyusun bisnis plan bagi bisnis yang akan anda jalani. Sebaiknya bisnis plan ini bersifat fleksibel dan dapat terus diperbaharui karena bisnis yang berjalan pasti akan mengalami perubahan sesuai dengan situasi dan kondisi yang akan anda alami nantinya.
Dengan membuat bisnis plan anda dapat menjadikannya acuan sebagai langkah yang harus anda lalui dalam membangun bisnis anda. Semoga artikel ini berguna bagi anda, buatlah bisnis plan jika anda akan membangun sebuah bisnis, agar langkah langkah yanga akan anda ambil nantinya dapat lebih tepat sesuai dengan bisnis dan tujuan serta target yang ingin anda capai.

Baca juga: 7 sifat yang akan membawa anda pada kesuksesan

0 Response to Contoh Bisnis Plan Sederhana

Posting Komentar