Kisah Sukses Pendiri Bank BCA

Kisah Sukses Pendiri Bank BCA
Image by Tempo

Kisah Sukses Pendiri Bank BCA - Pada kesempatan kali ini Bisnisbook.Com akan berbagi kisah sukses pendiri bank bca, siapa yang tidak menganal tokoh yang satu ini “Sudono Salim” yang dikenal dengan sebutan Om Liem, pria bersahaja kelahiran Tiongkok pada tanggal 19 Juli 1916 yang berasal dari keluarga seorang petani. Beliau adalah orang yang mempunyai jiwa wirausaha tinggi dan mampu memberikan inspirasi bagi anak muda saat ini. Ia merupakan pendiri Group Salim yang kepemilikannya meliputi: PT. Indofood, PT. Bogasari, PT. Indocement, PT. Indomobil, PT. Mega, PT. Waringin, BCA, Indosiar, dan masih banyak lainnya.

Kisah sukses pendiri BCA ini, awal mulanya pada tahun 1938 Om Liem berusaha untuk merubah nasib ke arah yang lebih baik dengan pergi ke Kudus untuk menyusul kakaknya dan mencari pekerjaan disana, yang akhirnya ia mendapat pekerjaan di pabrik tahu dan kerupuk. Selain bekerja di sebuah pabrik, Om Liem juga memperhatikan peluang usaha yang ada disekitarnya, ia mengamati bahwa di Kota Kudus terdapat banyak industri rokok yang tentunya membutuhkan cengkeh dalam jumlah yang cukup banyak. Akhirnya ia memutuskan untuk menjalankan bisnis cengkeh. Pada saat itu juga Om Liem memutuskan untuk menikah dengan wanita yang bernama Liliani, yang kebetulan terlahir dari keluarga terpandang, dan pada tahun 1940 Om Liem telah menjadi bandar cengkeh di Kudus. Namun pada tahun 1942 usaha Om Liem mengalami kebangkrutan, karena Jepang mendarat ke Indonesia dan telah menghentikan seluruh aspek perekonomian masyarakat.


Tetapi Om Liem tidak menyerah sampai disitu, justru semangatnya semakin berkobar, ia terus berusaha untuk mencari peluang yang lebih besar, hingga akhirnya pada tahun 1945 setelah Jepang meninggalkan Indonesia, dan Om Liem memulai usaha barunya yaitu bisnis di bidang logistik, obat-obatan, dan persenjataan. Di awal  tahun 1950 Om Liem pindah ke Jakarta dan mulai mendirikan pabrik sabun, di pertengahan tahun 1950 Om Liem melihat peluang bisnis lagi dibidang perbankan, sehingga pada tahun 1957 Om Liem bersama Mochtar Riady mendirikan Central Bank Asia dan pada tahun 1960 berubah menjadi Bank Central Asia (BCA). Disitulah awal mula kisah sukses pendiri BCA. Pada tahun 1970, Group Salim mendirikan PT. Bogasari dengan modal pinjaman dari pemerintah, kemudian pada tahun 1975 Group Salim mendirikan pabrik PT. Indocement Tunggal Perkasa. Dan masih banyak lagi perusahaan lainnya yang didirikan oleh Group Salim. 

Di bidang perbankan, Bank Central Asia (BCA) merupakan bank swasta terbesar kedua di Indonesia, dengan total asset US$ 99 juta. Saat itu Om Liem masuk dalam kategori orang yang terkaya di Indonesia. Namun, seiring dengan mundurnya Presiden Soeharto dan terjadinya krisis moneter di Indonesia, bisnis dan kekayaannya pun ikut melemah. Krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997 menjadikan beberapa bisnis Om Liem harus dilepas untuk menutup hutang perusahaannya, dan yang berhasil dipertahankan adalah PT. Indofood. Akhirnya ia pindah tempat tingga ke Singapura dan mengalihkan bisnisnya kepada putranya Anthony Salim, ia pun menetap di Singapura hingga ajal menjemputnya pada tanggal 10 Juni 2012 di usia yang ke- 96 Tahun. Kita dapat belajar dari kisah sukses pendiri BCA Sudono Salim, diantaranya:

 Tips Meraih Kesuksesan Ala Pendiri Bank BCA


1.    Semangat yang tidak mudah padam walaupun usahanya sedang terancam.
Kita dapat belajar dari pribadi Om Liem, yang mempunyai semangat tinggi dalam menjalankan setiap usahanya, walaupun telah gagal dalam bisnis tertentu, ia tetap berusaha dan semangat untuk menjalankan bisnis lainnya dengan harapan akan mendapatkan keberhasilan. Kegagalannya tidak menjadikan ia terpuruk, justru dapat dijadikan sebagai cambuk agar ia terus berusaha dan berusaha menjadi lebih baik lagi. 

2.    Selalu optimis akan berhasil dalam usahanya.
Om Liem tidak pernah takut dan mengeluh dalam menjalankan usahanya, ia selalu optimis akan keberhasilan usahanya. Ia menyukai sebuah tantangan dan berani untuk mencoba dengan hal-hal yang baru, dengan dimulainya bisnis yang baru yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia. 

3.    Selalu mencari peluang dengan melihat apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.
Jadi, Om Liem ini selalu mencari peluang usaha dengan melihat apa yang paling dibutuhkan oleh orang-orang disekitarnya, dengan begitu ia akan mudah untuk menentukan usaha apa yang paling menguntungkan baginya dan tentunya juga masyarakat secara luas. Ia tidak hanya memperhatikan keuntungan pribadi semata, tetapi ia juga sangat memperhatikan nasib anggota dan kebutuhan masyarakat secara luas. 

4.    Membangun kerjasama yang baik dengan setiap orang.
Kerjasama adalah hal yang penting dalam menjalankan suatu usaha. Dengan kerjasama, beban yang berat akan terasa ringan. Om Liem selalu melakukan kerjasama yang baik dengan rekan kerja maupun anggotanya, dan memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat. Mereka saling membantu jika membutuhkan, nyatanya banyak rekan kerja Om liem yang juga sukses dalam bisnisnya dan menjadi kolongmerat. Salah satu penyebab keberhasilan dalam usahannya adalah kemampuannya dalam memilih partner bisnis. 

5.    Mencari relasi sebanyak-banyaknya.
Tentunya yang dibutuhkan dalam bisnis terutama adalah relasi, dimana semakin banyak relasi maka akan semakin mudah pula bisnis kita untuk berkembang. Karena dengan banyaknya relasi, seluruh wilayah tanah air akan mudah dijangkau.   

Kelima tips diatas merupakan tips sukses dalam berwirausaha sebagaimana yang sudah diterapkan oleh Om Liem. Mari kita belajar dari pengalaman-pengalaman beliau yang sudah memberikan banyak kontribusi bagi pembangunan Bangsa Indonesia dan berhasil mengaharumkan nama Bangsa Indonesia. Tentunya juga mampu menyejahterakan masyarakat Indonesia karena dari usahanya bisa menciptakan banyak lapangan pekerjaan, sehingga memperkecil bentuk pengangguran. Ia juga gemar membantu orang lain tanpa memandang latar belakang mereka. 

Om Liem adalah sosok yang pandai bergaul, sederhana, ulet, tekun, disiplin, dan pekerja keras. Maka, tidak mengherankan jika ia menjadi orang yang sukses dan terkaya di Indonesia, bahkan termasuk kategori 100 besar orang terkaya di dunia. Demikianlah kisah sukses pendiri BCA “Sudono Salim”, semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kisah perjalanan hidupnya yang mampu menginspirasi kita semua.

Baca juga: Kisah Sukses Chairul Tanjung

0 Response to Kisah Sukses Pendiri Bank BCA

Posting Komentar