Pengertian Asuransi Pendidikan

Pengertian Asuransi Pendidikan
Photo By woodleywonderworks License Creative Commons

Asuransi pendidikan adalah suatu bentuk investasi atau langkah mempersiapkan dana pendidikan untuk menunjang pendidikan anak oleh orang tua. Atau suatu langkah dari orang tua guna mempersipakan dana pendidikan untuk anak. Jenis asuransi pendidikan yaitu asuransi yang dibentuk untuk menjamin dana pendidikan untuk tertanggung dengan sebagian premi yang dibayarkan oleh tertanggung setiap bulannya. Di Indonesia usia penerima asuransi yaitu pada usia 21 tahun, karena itu para orang tua anak atau wali yang menjadi polis mempersiapkan asuransi pendidikan bagi anak nya hingga anak berusia cukup untuk mendapatkan asuransi.

Ilmu adalah hal yang sangat penting  untuk kehidupan anak anak kita, karena dengan ilmu kita dapat mencapai semua keinginan dan cita cita yang ingin dicapai. Untuk mendapatkan ilmu jalannya yaitu dengan menempuh pendidikan. Nah pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok di zaman sekarang ini. Untuk menempuh pendidikan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya, oleh karena itu kita harus mempersiapkan biaya pendidikan agar anak kita kelak dapat mengenyam pendidikan yang layak. Asuransi pendidikan memberi manfaat untuk kita guna meringankan biaya pendidikan yang harus dikeluarkan untuk menyekolahkan anak kita, sehingga biaya yang terasa berat akan menjadi berkurang dengan adanya asuransi pendidikan.

Baca juga: Pengertian Asuransi Syariah

Contoh dan Jenis Pelayanan Asuransi Pendidikan


Asuransi pendidikan disetiap perusahaan asuransi mempunyai perbedaan pada kebijakannya. Berikut perbedaan kebijakan pada setiap perusahaan asuransi pendidikan. Dibawah ini saya berikan 2 contoh jenis pelayanan asuransi pendidikan yang mempunyai pelayanan atau jasa yang berbeda :

1.    Jika pembelian polis pada saat anak sebelum usia sekolah, ada jenis kebijakan asuransi yang memberikan tunjangan perjenjang sekolah seperti pemberian layanan perusahaan asuransi yang diberikan pada saat anak sekolah dasar, kemudian pada saat anak masuk ke sekolah menengah pertama, kemudian masuk kesekolah menengah atas, dan ketika anak masuk ke perguruan tinggi. Dengan begitu perusahaan asuransi dapat menyediakan jaminan tersedianya dana untuk kebutuhan sekolah. Atau asuransi pendidikan mampu memberikan manfaat untuk memproteksi jiwa dan juga sebagai investasi bagi masa depan dan jaminan bagi kebutuhan biaya pendidikan anak dengan cara menginvestasikan dan mengelola sebagian premi yang anda bayarkan. Biasanya ini berbentuk asuransi tradisional dan asuransi pendidikan.

2.    Produk kebijakan perusahaan asuransi yang memberikan manfaat secara sekaligus pada jenjang anak pada saat masuk ke perguruan tinggi ataupun pada saat jenjang tertentu sesuai dengan keinginan pemegang polis. Dalam kebijakan asuransi pendidikan ini pemegang polis pada saat anak masuk sekolah atau pada saat anak masuk ke perguruan tinggi dikarenakan kontrak yang dibuat tidak terbatas pada saat usia anak sekolah. Kalaupun dana ini tidak ingin diambil itu tidak akan menjadi masalah, justru nilai investasi akan bertambah karena jumlah kelebihan dana akan terus dijumlahkan pada setiap tahunnya. Kemudian pada saat anak berusia 21 tahun, usia dimana telah mencukupi untuk menerima asuransi, asuransi pendidikan ini akan dialihkan dari orang tua kepada anak penerima manfaat asuransi. Dan dana akan terus berkembang. Mengenai pengambilan dana dapat dilakukan oleh anak penerima tadi sesuai dengan keinginan dan pengajuan klaim pada perusahaan asuransi. Didalam sebagian produk asuransi modern, mayoritas tanggungan asuransi tambahan untuk proteksi hanya berlaku hingga anak berusia 25 sampai 35 tahun.

Adapun manfaat dan tujuan dari asuransi pendidikan yaitu anda tidak perlu lagi memikirkan dan mencari dana untuk pendidikan anak anda karena dengan ini anda dapat memproteksi dan sebagai jaminan dana pendidikan bagi anak anda jika suatu saat terjadi hal yang membuat anda tidak dapat membiayai atau mencari biaya bagi pendidikan anak anda. sebagai contoh terjadi kecelakaan atau kematian pada tulang punggung keluarga, sehingga biaya untuk pendidikan anak anda akan menjadi suatu masalah. Nah dengan manfaat dari asuransi pendidikan sudah tersedianya jaminan dana untuk biaya sekolah anak anda nantinya.

Menyisihkan sebagian pendapatan kita setiap bulannya untuk pembayaran premi asuransi pendidikan sangatlah penting. Sebagai jaminan pendidikan anak kita yang tentunya biaya dari pendidikan yang setiap tahun akan terus meningkat, jadi antisipasi dalam hal ini yaitu untuk membantu anda meringankan beban biaya bagi pendidikan anak di masa depan.

Pada dasarnya asuransi pendidikan yaitu program investasi dan asuransi yang dikelola oleh perusahaan asuransi pendidikan yang nantinya hasil dari investasi akan lebih tinggi dibandingkan tabungan pendidikan biasa. Tetapi anda juga harus berhati hati memilih perusahaan asuransi yang menawarkan pelayanan yang terlalau berlebihan. Pilihlah asuransi pendidikan yang terbaik dengan mengenali betul dan memahami perusahaan atau agen asuransi yang akan anda pilih sebagai asuransi pendidikan untuk anak anda.

Ada baiknya mengikuti asuransi pendidikan bagi anak anda pada saat sebelum anak usia sekolah karena, berguna sebagai persiapan bagi kelangsungan pendidikan anak anda kemudian harinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to Pengertian Asuransi Pendidikan

Posting Komentar