Pentingnya Financial Check up

Apakah anda sadar betapa pentingnya melakukan financial check-up? Sudahkah anda mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya bagaimana anda harus selalu mengontrol kesehatan tubuh? Sebenarnya, financial check-up itu sama pentingnya dengan anda harus check up kesehatan agar dapat melaksanakan segala aktivitas dengan lancar. Tentunya semua orang menginginkan masalah keuangannya akan terjaga dan stabil bukan? maka dengan melakukan financial check-up dapat membantu mengetahui kemungkinan adanya penyakit pada keuangan anda sejak dini. 
Pentingnya Financial Check up
Image by Mark Moz License Creative Commons

Penyakit keuangan yang perlu diwaspadai terutama pada masalah menumpuknya hutang dan pengeluaran yang berlebihan (boros). Sebenarnya penyakit keuangan muncul seiring dengan bagaimana anda mengatur pola hidup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, untuk mencegah adanya kemungkinan penyakit pada keuangan anda seperti hal diatas, disarankan untuk melakukan financial check-up.

Proses dalam melakukan financial check-up cukuplah mudah, yaitu:
1.    Melihat keadaan masa sekarang
2.    Prediksi keadaan di masa yang akan datang

Dari kedua hal diatas sangat penting untuk diperhatikan dalam melakukan financial check-up, karena masalah keuangan sering menjadi permasalahan utama dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi yang sudah berkeluarga, sebab akan mempengaruhi hubungan keharmonisan keluarga. Jadi, financial check-up dilakukan dengan melihat “keadaan masa sekarang” berarti kita harus bisa mengatur keuangan dengan memperkirakan berapa uang yang harus dikeluarkan berdasarkan pendapatan yang diperoleh, yaitu dengan melihat ketersediaan uang untuk keperluan rutin. Jangan sampai pengeluaran lebih banyak daripada pendapatan. Sedangkan financial check-up yang dilakukan dengan memperhatikan “ramalan keadaan dimasa yang akan datang” bukan berarti meramalkan nasib kita dimasa depan pada dukun atau orang pintar, tetapi yang dimaksud disini adalah mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada kita dimasa depan, seperti halnya mungkin ada keluarga yang tiba-tiba sakit, terkena musibah kehilangan atau kebangkrutan. Memang semua itu bukan hal yang kita harapkan terjadi, tapi tidak menuntut kemungkinan akan kita alami. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, kita harus rajin menabung dan bisa menyisihkan uang untuk investasi. Usahakan jangan terlalu banyak berhutang dan sisihkan uang untuk kebutuhan jaga-jaga.


Disinilah pentingnya financial check up, dengan memeriksa keuangan anda pada setiap periode tertentu, akan memperkecil kemungkinan terjadinya gangguan pada keuangan anda. Dengan financial check-up, kita akan dapat segera mengambil tindakan untuk memperbaiki kondisi keuangan kita manakala benar terdeteksi adanya gangguan pada keuangan. Ada istilah yang mengatakan; “lebih baik mencegah dari pada mengobati”, pepatah juga mengatakan; “sedia payung sebelum hujan”. 

Dalam artikel ini Bisnisbook.Com juga menguraikan tips dalam melakukan financial check-up agar keuangan anda tetap stabil, yaitu dengan melakukan beberapa hal berikut:

Tips Melakukan Financial Check Up


1. Menghitung gaji bersih tiap bulan
Nah, dalam perhitungan gaji bersih disini dilakukan dengan cara mengurangi gaji kotor  atau gaji keseluruhan tiap bulan dengan semua jenis kebutuhan dalam 1 bulan. Untuk lebih jelasnya saya rumuskan sebagai berikut: Gaji kotor – Kebutuhan keseluruhan = Gaji bersih.

2. Membuat daftar belanja bulanan
Catat daftar belanja pokok anda tiap bulan. Sebaiknya dalam berbelanja anda harus mempertimbangkan mana yang penting dan tidak untuk dibeli sehingga bisa menghemat pengeluaran, perhatikan juga harga dan kualitas barang karena akan mempengaruhi lamanya barang itu dapat terpakai, kemudian jangan mudah tergiur dengan barang diskon yang bukan menjadi tujuan awal belanja anda.

3. Menghitung rata-rata pengeluaran tiap bulan
Dengan menghitung rata-rata pengeluarah tiap bulan berarti anda harus mencatat pengeluaran tetap (pokok) dan tidak tetap. Catat setiap transaksi yang sudah anda lakukan kemudian jumlahkan setelah genap 1 bulan, dengan begitu anda akan dapat mudah memprediksi pengeluaran pada bulan berikutnya, karena jumlah pengeluaran pada bulan berikutnya tidak akan jauh beda dengan jumlah pengeluaran pada saat ini.

4. Rajin menabung tiap bulan
Usahakan anda bisa menabung minimal tiap bulan sekali, untuk mewujudkan cita-cita anda diwaktu yang akan datang, dan juga untuk memudahkan anda jika ada keperluan mendadak diluar dugaan atau harapan.

5. Menyisihkan uang untuk investasi
Investasi adalah suatu bentuk pengeluaran modal dengan tujuan melakukan pembelian (asset), dan pastinya seseorang melakukan investasi dengan harapan mendapatkan suatu keuntungan.

Sudahkan anda menjalankan kelima tips diatas? Atau mungkin anda sudah pernah mencoba tetapi tidak bisa mempertahankan. Nah, dari kelima tips ditas perlu anda coba dan dipertahankan dalam melakukan sebuah Financial check-up, karena kita tidak akan pernah tau keadaan besok masih sama dengan sekarang atau tidak. Jangan mengharapkan suatu keberuntungan jika tidak pernah mau mencoba, karena kebanyakan orang akan menyadari pentingnya finalcial check-up setelah mengalami gangguan pada keuangan mereka.

Cukup mudah dalam melakukan sebuah financial check-up, karena bisa dilakukan secara berkala dalam periode tertentu sesuai dengan waktu luang yang anda miliki. Financial check-up bisa anda lakukan dalam 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Sebenarnya dalam melakukan financial check-up kuncinya hanya satu yaitu “telaten”. Jika anda telaten dan mampu mempertahankan, dapat dijamin kondisi keuangan anda akan selalu sehat dan stabil tanpa adanya gejala penyakit keuangan. Jadi, disitulah pentingnya kita harus melakukan financial check-up.

Dalam merencanakan aspek keuangan, perlu di kontrol dan dikendalikan dengan melihat kondisi keuangan secara menyeluruh. Jika anda ingin kaya dan hidup anda mudah, jangan lupa untuk melakukan financial check-up, karena kehidupan kita selamanya tidak akan pernah lepas dari aspek finansial. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tips yang sudah saya jabarkan didalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan salam sukses.



0 Response to Pentingnya Financial Check up

Posting Komentar