Tips Cara Tepat Mengelola Gaji Bulanan

Tips Cara Tepat Mengelola Gaji Bulanan
Image By Bradleypjohnson License Creative Commons

Mempunyai gaji bulanan memang membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang tepat. Gaji yang didapat setiap bulan memang bervariasi tergantung dari jenis pekerjaan atau golongan pekerjaan anda. orang yang mempunyai gaji bulanan yang tinggi belum tentu mencukupi kebutuhannnya selama sebulan sebelum gaji berikutnya didapat. Hal ini disebabkan karena ketidakpandaian seseorang dalam mengelola gaji bulanan yang tepat. 

Mempunyai perencanaan keuangan dan mengelola gaji bulanan dengan tepat, tidak membutuhkan keahlian yang tinggi, karena setiap orang dapat melakukannya. Jangan sampai pepatah “ Besar Pasak Dari Pada Tiang “ menjadi ukuran buat anda. hal ini bisa menjadikan suatu masalah yang cukup mengkhawatirkan dalam keluarga. 


Di bawah ini saya akan memberikan beberapa contoh tips cara tepat mengelola gaji bulanan, buat anda  yang sedang bingung untuk mencari solusi guna mengatur keuangan anda.

Tips Cara Tepat Mengelola Gaji Bulanan



Pahami portfolio keuangan anda
Hal ini sangat penting karena anda harus mengetahui berapa besar tabungan atau gaji yang anda miliki, berapa besar biaya tagihan telfon, tagihan listrik, tagihan air, tagihan kartu kredit  juga anda harus mengetahui berapa jumlah kebutuhan logistic yang harus anda beli, berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan jika sewaktu - waktu salah satu dalam keluarga ada yang jatuh sakit, dan cicilan - cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

Menyusun anggaran atau rencana keuangan
Hal ini bisa menjadikan anda untuk lebih berfikir objektif dalam pengeluaran keuangan anda. jadi anda harus menyusun anggaran atau rencana keuangan agar segala kebutuhan anda yang memang benar benar dibutuhkan mendapatkan anggaran yang sesuai. Tidak salah juga jika anda menyelipkan kebutuhan pribadi anda seperti anggaran pengeluaran untuk pergi ke salon atau sekedar membeli pakaian baru, tetapi hal ini juga harus sesuai dana yang sudah dianggarkan dan jangan melebihi anggaran yang sudah dibuat.

Pertimbangkan dengan matang apa yang benar- benar anda butuhkan atau hanya sekedar keinginan anda
Mempertimbangkan hal yang memang anda butuhkan dan sesuatu yang hanya anda inginkan, karena kedua hal itu mempunyai perbedaan jika sesuatu yang anda butuhkan adalah sesuatu yang benar - benar harus dipenuhi, tetapi jika hanya sekedar keinginan anda adalah sesuatu yang hanya anda inginkan dan bukan kebutuhan anda. buatlah table dengan dua kolom satu berisi kebutuhan dan kolom lain berisi keinginan anda. setelah itu isi kedua kolom tersebut dan pertimbangkan dengan matang mana yang harus anda penuhi atau tidak harus anda penuhi.

Hindarilah urusan hutang
Hal ini yang terkadang sulit untuk dihindari, terkadang kita tergoda dengan pembelian secara kredit atau cicilan. Memang semula kita berfikir mudah untuk membayar cicilan yang terkadang nilainya tidak begitu besar, tetapi hal ini cukup menjadi masalah yang harus and fikirkan. Sebaiknya biasakan diri anda untuk tidak konsumtif dan tanamkan kebiasaan yang sehat yaitu tidak memliki hutang.

Meminimalkan belanja konsumtif
Refresing dengan keluar rumah atau makan direstoran bersama keluarga memang cukup penting, untuk sesekali memanjakan diri dan keluarga, tetapi jangan melakukannya disetiap minggu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk sekedar refresing pilihlah yang tidak mengeluarkan dana yang cukup besar, karena dana yang kita gunakan akan lebih baik jika ditabung untuk kebutuhan yang lainnya.

Tetapkan target atau cita-cita anda
Mempunyai target untuk masa depan sangat lah penting, karena dengan ini kita bisa menetapkan tujuan spesifik, realistis, terukur dan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan waktu yang sudah anda targetkan.ini bertujuan untuk membantu anda lebih terarah dalam merancang keuangan. Sebagai contoh target untuk mempunyai rumah, dana pendidikan anak dan mempersiapkannya sampai jenjang perguruan tinggi.

Menabung
Mempunyai tabungan demi masa depan yang lebih baik. Usahakan agar anda memiliki tabungan yang dikhusus kan bagi cita- cita financial anda, sisihkan sedikit gaji bulanan anda sesuai dengan jumlah yang telah direncanakan. Sebaiknya anda mempunyai rekening terpisah antara tabungan dan simpanan kebutuhan bulanan anda.

Investasi
Mempunyai gaji disetiap bulan mungkin tidak mencukupi kebutuhan anda, sebab itu anda bisa menginvestasikan sebagian dana yang anda miliki untuk dapat cepat mendapatkan cita- cita financial anda. investasi kini mempunyai bentuk bermacam macam, anda dapat mengkonsultasikan keuangan anda pada konsultan yang handal. Agar anda mendapatkan sedikit masukan tentang jenis investasi apa yang akan anda pilih sesuai dengan gaji bulanan yang anda dapatkan.


Demikianlah tips cara tepat mengelola gaji bulanan anda. semoga anda dapat memahami dan mempelajari hal ini supaya anda dapat pandai dalam mengelola gaji bulanan yang anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan sedikit memberikan pengetahuan tentang pengelolaan gaji bulanan.

Baca juga: Klaim Asuransi, Bagaimana caranya ?

0 Response to Tips Cara Tepat Mengelola Gaji Bulanan

Posting Komentar