Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga
Image by: Jungle Jim's License: Creative Commons

Sebagai seorang ibu rumah tangga maka kejelian anda dalam mengelola dan mengatur uang dari hasil pendapatan sang suami sangat diperlukan, pasalnya jika anda tidak bisa mengelola keuangan baik itu pendapatan dan pengeluaran sehari-hari  maka bisa-bisa keuangan anda membengkak dan tidak cukup untuk biaya hidup dalam satu bulan oleh sebab itu jika anda ingin disayang suami dan dijuluki sebagai ibu rumah tangga yang cerdas maka anda harus pinta-pintar dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran rumah tangga anda seminim mungkin.


Tips mengatur uang belanja bagi ibu rumah tangga memang sangat mudah, namun yang menjadi suatu permasalahan bagi mereka ialah seringkali ibu rumah tangga zaman sekarang terlalu konsumtif dan juga tidak dapat konsekuen dalam menjalankan anggaran rumah tangga mereka, namun jangan khawatir sebab pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbegai Tips-tips sederhana bagi anda sekalian mengenai Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga, tips yang akan saya ulas kali ini terbukti sangat ampuh dalam memangkas pengeluaran yang kurang signifikan dalam sebuah rumah tangga, selain itu juga tips yang akan saya ulas ini sudah di praktekan oleh ribuan ibu rumah tangga yang terbukti berhasil, nah jika anda penasaran silahkan simak baik-baik penjelasan saya di bawah ini.

Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga 


1. Siapkan Alokasi Belanja harian, Mingguan dan Bulanan
Tips mengatur uang belanja bagi ibu rumah tangga yang pertama ialah dengan membuat schedule atau alokasi belanja harian, mingguan dan bulanan, hal ini dilakukan diKarenakan tidak semua kebutuhan rumah tangga anda bisa Anda beli dalam satu waktu. selain itu juga anda harus mematuhi aturan alokasi belanja harian, mingguan dan bulanan yang telah Anda rencanakan. Jangan coba-coba melanggar alokasi anggaran yang telah anda buat, sebab jika anda melanggar maka besar kemungkinan anda akan mengalami tagihan yang membengkak di akhir bulan

2.  Belanjalah di Pasar-pasar Tradisional
Ketika anda berbelanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga anda, maka ada baiknya  jika anda belanja di pasar-pasar traditional sebab selain lebih murah, berbelanja di pasar traditional juga Anda akan banyak menemukan sayur-sayuran dan buah-buahan yang masih segar dibandingkan Anda harus berbelanja ke supermarket ataupun minimarket yang tentunya membandrol harga barang lebih tinggi karena biaya pajak yang sangat tinggi, selain itu juga anda bisa melakukan tawar menawar harga kepada penjual tersebut.




3. Belanjalah di Tempat Yang Menyediakan Diskon
Selain di pasar traditional saat anda berbelanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga anda sekalian ada baiknya jika anda mencari tempat-tempat yang sedang menyediakan diskon secara besar-besaran, Manfaatkan hal ini untuk mendapat barang kebutuhan Anda dengan harga hemat. namun ingat  kebutuhan rumah tangga tetap nomer satu, jangan sampai anda membeli barang yang tidak penting dan jarang digunakan oleh keluarga anda.

4. Ajarkan Anak untuk Mengatur Uang Jajan
Melatih pendidikan finasnsial bagi anak sejak dini merupakan salah satu langkah penting agar membuat anak anda tumbuh menjadi pribadi yang mapan dan disiplin, Ajarkan kepada anak-anak anda bahwa dibutuhkan suatu usaha yang tidak sedikit untuk mendapatkan mainan yang mereka inginkan. selain itu juga anda bisa mengajrkan anak-anak anda dalam menabung, menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan yang Anda berikan. dengan cara ini maka secara lambat laun mereka anda terlatih dalam menghemat pengeluaran uang jajan mereka.

6. Siapkan Bekal Saat Keluarga Anda Beraktivitas
Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga yang selanjutnya ialah dengan mempersiapkan bekal saat suami bekerja dan anak kesekolah, meskipun agak riskan di awal kali namun anda Tidak perlu gengsi untuk membawa bekal saat pergi ke kantor, selain lebih ekonomis memasak dari hasil sendiri jauh lebih sehat dibandingkan  saat anda membeli makanan atau minuman di toko atau warung kelontong yang berjualan di pinggir jalan, selain itu juga cara ini terbukti sangat ampuh dalam menghemat uang pengeluaran rumah tangga anda dalam satu bulan 

7. Memasak dengan Porsi yang Tepat
Cara yang terakhir ialah dengan memasak porsi yang tepat bagi keluarga anda,, Biasakan untuk memasak secukupnya, boleh saja dilebihkan tapi jangan berlebihan juga. Jika terpaksa masih sisa, simpanlah  di lemari kulkas.  jangan sampai anda membuang-buang makanan dalam jumlah yang banyak setiap harinya sebab selain boros, membuang makanan sisa merupakan perbuatan yang tidak mensyukuri  nikmat tuhan oleh sebab itu jika anda ingin memasak pastika anda memasak dalam porsi yang tepat.

Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga semoga dengan penjelasan saya yang singkat ini berguna bagi pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi yang Sesuai Dengan Anda

0 Response to Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar