Bisnis Hotel Bisnis yang Stabil

Bisnis Hotel Bisnis yang Stabil
Photo by: Portobay Hotel License: Creative Commons

Hotel berasal dari kata hostel yang diambil dari  bahasa Perancis. Hotel merupakan sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat penginapan juga menyediakan berbagai makanan beserta kelengkapan fasilitasnya. Hotel biasanya dipakai oleh orang yang melakukan perjalanan jauh dan butuh tempat untuk beristirahat. Hotel juga menyediakan sebuah gedung yang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk seminar maupun acara besar lainnya, biasanya didirikan di lokasi yang dekat dengan tempat pariwisata dan tempat perbelanjaan. Setiap hotel yang didirikan selalu mempunyai kelebihan masing-masing. Kini nilai jual properti hotel akan jauh lebih tinggi dibanding dengan modal yang telah dikeluarkan, terlebih jika hotel anda telah ramai dikunjungi oleh banyak tamu, dan yang terpenting dalam berbisnis hotel adalah kenyamanan para tamu.  

Untuk memulai bisnis hotel memang tidak mudah tetapi juga tidak terlalu sulit, hanya butuh ide yang cemerlang untuk menjalankan sebuah bisnis hotel serta pemikiran yang matang tentang bagaimana dan darimana anda akan mendapatkan sebuah modal untuk berbisnis hotel. Karena nilai jual tanah di Indonesia semakin lama makin tinggi, terlebih ditempat yang strategis, maka saatnya bagi anda untuk segera memulai bisnis hotel. Untuk modal, jika anda belum mempunyai modal yang cukup, anda bisa meminjam di bank dengan pertimbangan bisnis anda bisa berkembang dengan stabil dan mampu untuk segera mengembalikan modal dari pinjaman bank tersebut.


Bisnis hotel merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dan mampu berjalan dengan stabil dalam waktu yang cukup lama. Namun, kelanggengan bisnis hotel dipengaruhi oleh faktor tertentu. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan dan berbisnis hotel:

1. Pemilihan lokasi hotel
Pemilihan lokasi untuk mendirikan sebuah hotel sangat berpengaruh terhadap kesuksesan berbisnis hotel, pilihlah lokasi yang strategis, seperti; lokasi yang dekat dengan tempat pariwisata, lokasi yang dekat dengan tempat berbelanja, dan lain sebagainya. Karena lokasi yang strategis dan aman pasti akan banyak dicari oleh orang-orang. Namun, saat mendirikan hotel pilihlah lokasi yang masih minim hotelnya tetapi terlihat cukup menjanjikan.    

2. Konsep hotel
Dalam mengkonsep hotel, usahakan anda menggunakan jasa arsitek agar bisa terwujud seperti apa yang anda harapkan. Karena dengan bantuan arsitek, anda bisa membuat hotel dengan kondisi ruangan yang semaksimal mungkin dan biaya yang lebih efisien. Usahakan konsep hotel yang akan anda dirikan unik dan menarik dari pada hotel lainnya, namun bisa nyaman jika dipakai oleh banyak orang. Berikan fasilitas yang memadai, yang tidak akan pernah kalah dengan hotel yang lainnya, seperti: kamar mandi dalam, AC, Wi-fi, penyediaan sarapan, kamar di desain dan di tata dengan rapi dan bersih, menyediakan jasa laundry, dan lain sebagainya. Serta jangan lupa untuk selalu mengadakan perbaikan guna menarik simpati masyarakat yang mengetahui. 




3. Kelayakan hotel 
Kelayakan sebuah hotel sangat berpengaruh untuk menarik perhatian masyarakat. Usahakan hotel anda aman dan nyaman. Anda juga bisa belajar dan mencontoh dari hotel-hotel yang sudah sukses. Namun berikan nuansa hotel dengan ciri khas anda sendiri yang membedakan dengan hotel lainnya. Hotel lain yang sudah sukses pasti juga masih terdapat kekurangan walaupun sedikit, anda juga bisa mengambil pelajaran dari kekurang itu agar tidak pernah terjadi di hotel anda, dan menjadikan kekurangan itu sebagai kelebihan hotel anda.

4. Pelayanan di hotel 
Kwalitas hotel tergantung pada pelayanan yang tersedia. Seharusnya para pengelola hotel lebih memperhatikan pada faktor sumber daya manusia yang akan membantu mengelola bisnis hotel anda. Rekrutlah pegawai yang kompeten dan bertanggung jawab, agar bisnis hotel anda bisa berjalan dengan baik. lakukan training terlebih dahulu kepada pegawai anda mengenai prosedur yang ada di hotel anda. Persiapkan pegawai yang bisa berkomunikasi dengan baik, berpakaian rapi, sopan dan menarik. Promosikan hotel anda di berbagai media, agar masyarakat tahu kelebihan hotel yang anda dirikan. Lakukanlah tamu anda sebagai raja, berikan pelayanan yang terbaik bagi mereka agar suatu saat mau berkunjung lagi  ke hotel anda dan tidak berpaling ke hotel yang lain.

Karakteristik Bisnis Perhotelan:
1.    Merupakan bisnis yang padat karya
2.    Merupakan bisnis yang padat modal
3.    Menghasilkan dan memasarkan sebuah produk
4.    Beroperasi selama 24 jam untuk memberikan jasa pelayanan kepada pengunjung
5.    Memperlakukan pengunjung hotel seperti raya

Jenis-Jenis Hotel:
1.    City hotel
2.    Resort hotel
3.    Residential hotel
4.    Motel

Bisnis hotel tidak akan pernah mati jika ramai dikunjungi orang dan pendiriannya tepat di tempat yang strategis, terlebih jika fasilitasnya memadai dan pelayanannya sangat bagus. Pelayanan yang bagus bukan hanya diberikan pada tamu yang datang, tapi pada semua orang yang menggunakan jasa hotel tersebut. Namun, lika-liku dalam membangun sebuah bisnis akan selalu ada, tapi yang terpenting adalah anda jangan menyerah dan terus berusaha untuk menjadikan lebih baik. Sebenarnya banyak orang yang bercita-cita jadi pengusaha, akan tetapi tidak banyak dari mereka yang mampu bertahan dari segala risiko dan rintangan yang dihadapi selama menjalankan usahanya. Memang tidak mudah untuk menjadi pengusaha sukses, karena sukses membutuhkan pengorbanan dan kerja keras. Selamat mencoba dan salam sukses.

0 Response to Bisnis Hotel Bisnis yang Stabil

Posting Komentar