Peluang Usaha Bagi Mahasiswa

Peluang Usaha Bagi Mahasiswa
Image by: www.audio-luci-store.it License: Creative Commons

Di tengah aktivitas perkuliahan, tentunya sebagai mahasiswa anda akan disibukkan dengan belajar di kampus maupun mengikuti kegiatan intra dan ekstra kampus. Tetapi bukan jadi penghalang bagi mahasiswa yang mempunyai semangat dan kreatifitas tinggi untuk memulai bisnisnya saat masih duduk di bangku kuliah. Kampus juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha bagi mahasiswa, karena sebagai mahasiswa anda mempunyai kesempatan besar untuk memperbanyak relasi, dengan banyaknya relasi akan memudahkan anda untuk menjalin sebuah kerjasama di bisnis anda, dan dengan adanya kerjasama akan meringankan beban anda dalam menjalankan usaha anda. 

Mahasiswa cenderung mempunyai ide-ide yang cemerlang dalam segala usahanya, biasanya mahasiswa lebih menyukai sebuah tantangan, sehingga banyak mahasiswa yang menjalankan bisnisnya dari ide-ide kreatifnya. Bisnis di kalangan mahasiswa merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menarik, dan tentunya sebagai mahasiswa sangat mudah bagi anda untuk mengamati peluang usaha yang ada di sekitar anda.

Baca juga: Peluang usaha Ternak Ayam Petelur

Sebenarnya banyak sekali bisnis yang mudah dan cocok untuk dijalani bagi kalangan mahasiswa yang bisa di mulai dari nol tanpa harus mengeluarkan modal banyak. Peluang usaha bagi mahasiswa tersebut diantaranya:

1. Membuka les privat
Bisnis membuka les privat merupakan sebuah peluang bisnis bagi mahasiswa yang cukup menjajikan. Selain bertujuan untuk menyalurkan ilmu, tentunya anda juga akan mendapatkan penghasilan yang pasti tiap bulannya. Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang mengambil jurusan pendidikan, tetapi bukan jadi suatu pengahalang bagi yang mengambil jurusan selain pendidikan. Anda bisa melakukan bimbingan dari tingkatan Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

2. Jasa printing
Merupakan peluang bisnis bagi mahasiswa yang cukup mudah untuk dijalani, selain bisa memanfaatkan printer untuk kepentingan pribadi, juga bisa dimanfaatkan sebagai lahan untuk menjalankan bisnis. Kalau anda belum mempunyai modal yang cukup untuk memulai membuka kios jasa printing, sementara tidak perlu menyewa tempat, anda bisa memulai berbisnis di kamar kos milik anda sendiri.    

3. Jasa pengetikan
Bagi anda anak kos, sangat cocok menjalankan bisnis di bidang jasa pengetikan ini untuk menambah kesibukan anda. Bisnis jasa pengetikan sangat mudah, anda bisa melakukan pengetikan dimanapun berada. Cukup lumayan bukan, dengan penghasilan yang akan anda peroleh bisa buat uang jajan maupun meringankan beban orang tua dalam hal pembiayaan kuliah.

4. Jasa penerjemah
Bagi anda yang mempunyai kelebihan bahasa asing, bisnis jasa penerjemah memberi peluang bisnis bagi mahasiswa yang cukup bagus, bisnis ini biasanya banyak dibutuhkan terutama oleh mahasiswa tingkat akhir untuk keperluan tugas akhirnya.
  
5. Bisnis pulsa elektrik
Bisnis pulsa elektrik ini merupakan peluang bisnis sampingan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa, karyawan, maupun pegawai, karena bisnis di bidang ini sangat mudah dalam hal pengelolaannya. Sebagai mahasiswa tentunya kalian cukup banyak membutuhkan pulsa elektrik untuk berkomunikasi dengan teman-teman maupun keluarga anda di rumah. Dengan bisnis ini anda juga akan lebih hemat mengeluarkan uang untuk membeli pulsa.

Baca juga: Tips Cara Mengatur Keuangan Dimasa Sulit

6. Bisnis online
Bisnis online bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita terutama mahasiswa. Bisnis online membuka peluang bisnis bagi mahasiswa yang paling mudah tetapi mempunyai keuntungan yang besar. Dalam menjalankan bisnis ini cukup bermodalkan laptop atau hand phone dan internet.

7. Bisnis jajanan dan makanan 
Bisnis ini merupakan peluang bisnis bagi mahasiswa yang cukup mudah dan menjanjikan, karena kebutuhan akan makan tidak pernah ada habisnya. Anda sebagai mahasiswa bisa menjual jajanan atau makanan di area kampus di luar jam kuliah ataupun di area kos tempat tinggal anda. 
 
8. Menjadi penjaga toko atau warnet
Menjaga toko atau warnet juga bisa anda lakukan selepas pulang dari kuliah dengan mengambil jam siang sampai malam, tetapi anda juga harus memperhatikan waktu istirahat yang cukup. Saat menjaga warnet juga bisa menjadi kesempatan bagi anda untuk mengerjakan tugas maupun berbisnis online dengan memanfaatkan wifi yang ada secara gratis.

Baca juga: 7 Tips Atur Keuangan Bagi Pengantin Baru 

Untuk menjadi seorang pengusaha juga bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa dengan segala pengetahuan dan kreatifitasnya, meski dengan modal yang sangat minim, karena mahasiswa yang cerdas selalu mencari peluang yang ada di sekitarnya dan selalu ingin mencoba dengan hal-hal yang baru. Anda sebagai mahasiswa yang cerdas tentu ingin belajar hidup mandiri tanpa menggantungkan segalanya pada orang tua kan, maka dari itu mulailah belajar hidup mandiri dari sekarang dengan memperhatikan peluang bisnis bagi mahasiswa, dimulai dari bisnis yang ringan dan yang paling mudah dilakukan tetapi sangat menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 Response to Peluang Usaha Bagi Mahasiswa

Posting Komentar