Tips Mengelola Keuangan Agar Hemat

Tips  Mengelola Keuangan Agar Hemat
Image By: Morgan License: Creative Commons

Tips  Mengelola Keuangan Agar Hemat - Pada dasarnya kebutuhan manusia tidak akan pernah ada habisnya. Ketika sudah mampu memenuhi kebutuhan pokok/ primer, maka akan cenderung ingin memenuhi kebutuhan sekunder bahkan sampai dengan kebutuhan tersier. Tetapi untuk memenuhi semua kebutuhan itu diperlukan kecakapan dalam mengelola keuangan agar dapat berjalan mulus. Mengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena akan menentukan keberlangsungan kehidupan kita sehari-hari, terutama bagi yang sudah berkeluarga. Terkadang kita tidak pernah puas dan selalu merasa kurang dengan penghasilan berapapun. Sebenarnya, seringkali penyebabnya bukan pada besar kecilnya penghasilan yang diperoleh, namun terletak pada pengelolaan keuangan yang kurang tepat. Maka, agar bisa mengelola keuangan dengan tepat, yang perlu dirubah adalah pola pikir kita.

Pola pikir berpengaruh pada kemampuan kita dalam mengelola keuangan, karena segala tindakan yang kita lakukan berpusat dari apa yang telah kita pikirkan. Jika anda berfikir tidak mampu, maka kenyataan yang terjadi adalah anda tidak akan pernah mampu, demikian juga sebaliknya. Jadi, bersikaplah optimis dan jangan mudah menyerah dalam menjalankan segala sesuatu, pasti anda akan berhasil. Biasanya, ketika penghasilan seseorang semakin meningkat, maka akan semakin besar pula tingkat pemenuhan kebutuhannya. Jadi, berfikirlah secara rasional antara pemasukan dengan pengeluaran yang akan anda lakukan, jangan sampai “besar pasak dari pada tiang”.    
       
Tujuan dari pengelolaan keuangan salah satunya adalah agar kita bisa menggunakan uang dengan sehemat mungkin namun mampu mencukupi semua kebutuhan, terutama kebutuhan pokok. Hemat bukan berarti pelit, hemat adalah tentang bagaimana kita mampu menggunakan uang sebagaimana mestinya. Hemat juga akan menjadikan kita bisa kaya, karena kita akan lebih berhati-hati dalam  membelanjakan uang dengan menghindari membeli sesuatu yang sekiranya tidak penting dan kurang memberi manfaat.  

Baca juga: 5 Penyebab Anda Tidak Bisa Kaya

Sebenarnya, mengelola keuangan sangatlah mudah untuk anda dilakukan. Tetapi tingkat keberhasilannya sangat tergantung pada kekonsistenan anda dalam melakukannya. Agar anda bisa mengelola keuangan pribadi ataupun keuangan rumah tangga dengan cakap, berikut saya uraikan beberapa tips dalam mengelola keuangan:

Tips  Mengelola Keuangan Agar Hemat


1.    Bawalah uang secukupnya saja saat keluar rumah.
Jika anda hendak keluar rumah, jangan membawa uang yang berlebihan, bawalah uang secukupnya saja, dan belanjakan sesuai dengan tujuan awal belanja anda. Karena, jika anda membawa uang dalam jumlah yang banyak, akan menjadikan anda mudah tergiur untuk membeli sesuatu yang bukan merupakan tujuan awal belanja anda. Itu salah satu yang menyebabkan anda boros

2.    Berbelanjalah sesuai dengan kemampuan keuangan anda.
Jika anda berbelanja, jangan menuruti perasaan gengsi terhadap teman anda. Berbelanjalah sesuai dengan kemampuan keuangan yang anda miliki. Anda tidak harus membeli barang-barang yang branded, cukup membeli barang yang memberi banyak manfaat bagi anda dan keluarga anda. 

3.    Pastikan anda sudah menyurvey harga diberbagai tempat.
Anda jangan segan-segan untuk bertanya pada teman ataupun menyurvey sendiri perbandingan harga dibeberapa tempat belanja, karena sering dijumpai barang sama tapi harga berbeda. Jika anda mempunyai banyak relasi maka juga akan mempermudah mengetahui perbandingan harga di berbagai tempat belanja. Mubadzir kan uang kita, kalau sampai salah memilih tempat belanja. 

Baca juga: Cara Cerdas Menabung Untuk Pendidikan Anak
 
4.    Utamakan apa yang anda butuhankan, bukan apa yang anda inginkan.
Dalam membeli sesuatu prioritaskan apa yang paling anda butuhkan, jangan mendahulukan apa yang hanya jadi keinginan anda tetapi tidak terlalu memberi banyak manfaat. Karena selain akan mengurangi pendapatan anda secara percuma, juga akan menyulitkan anda saat benar-benar membutuhkan pemenuhan kebutuhan pokok tetapi keuangan sudah menipis.

5.    Catatlah setiap pemasukan dan pengeluaran anda.
Usahakan anda memiliki catatan bulanan jumlah pemasukan dan pengeluaran, dengan terlebih dulu mencatat semua kebutuhan rutin maupun kebutuhan tambahan yang perlu dipenuhi, agar banyaknya pengeluaran tepat antara perkiraan anda dengan kenyataannya.

6.    Biasakan menabung di awal, bukan di akhir bulan.
Dalam menabung, seberapa jumlahnya tidak terlalu penting, yang terpenting adalah disiplin dalam menabung. Menabung yang tepat bukan di akhir bulan dengan mengambil sisa uang dari pengeluaran, tetapi menabung yang tepat adalah di awal bulan dengan menyisihkan pendapatan anda. 

Demikian beberapa tips mengelola keuangan agar anda menjadi orang yang hemat dan mampu mengatur keuangan pribadi maupun keuangan rumah tangga dengan baik. Semoga artikel ini mampu memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 Response to Tips Mengelola Keuangan Agar Hemat

Posting Komentar